Menentukan Kado Ulang Tahun

Menurut Wikipedia, ulang tahun mempunyai definisi yaitu hari kelahiran seseorang, menandai hari dimulainya kehidupan di luar rahim. Jadi singkatnya ulang tahun adalah hari lahir. Hari ulang tahun merupakan hari yang spesial untuk kita semua.

Karena hal tersebut merupakan hari yang sangat penting, dimana kita mendapatkan perlakuan spesial (khusus) dibandingkan hari-hari lainnya. Entah itu diadakan pesta ulang tahun untuk merayakannya, syukuran, diberikan kado oleh keluarga, teman-teman, pacar, gebetan, selingkuhan, TTM dan gebetan yang gak bisa jadi pacar tapi jadi selingkuhan :D

Tapi hal yang paling ditunggu ya kado ulang tahun tersebut. Saat kita menerima kado ulang tahun ada perasaan senang, sedih dan juga ada bingungnya. Senangnya, karena bisa jadi kado ulang tahun tersebut, sesuatu yang sudah lama ingin kamu miliki. Kalau sedihnya, kita jadi teringat akan umur kita yang semakin tua. Apalagi kalau kamu termasuk orang yang memikirkan tentang hal-hal penting dan bermanfaat untuk diri sendiri.

Jadi, kamu akan menganalisa kembali history kehidupan kamu sebelum sampai umur sekarang. Kamu akan berpikir, "hal bermanfaat apa saja yang sudah saya lakukan dan apa saja yang sudah saya hasilkan sampai ulang tahun sekarang ini?". Saat kamu berpikir, ternyata belum ada hal bermanfaat yang belum kamu lakukan dan kamu belum menghasilkan apa-apa, maka kamu akan merasa sedih walaupun menerima kado yang spesial sekalipun.

Tapi tidak usah sedih, kamu hanya perlu melakukan yang terbaik dari sebelumnya. Kalau kamu merasa belum melakukan dan belum menghasilkan apa-apa sebelumnya, maka lakukan hal tersebut dan hasilkan apa yang seharusnya dan baik menurut kamu untuk dihasilkan. Intinya cukup melakukan hal yang belum sempat kamu lakukan dan hasilkan yang kamu merasa belum dihasilkan.


Nah, kalau bingungnya tuh kamu belum tau harus memberikan kado apa nantinya ke teman kamu saat hari ulang tahunnya. Walaupun kamu teman dekatnya, terkadang kamu juga bingung dong harus memberikan kado apa yang nantinya cocok dan dia suka. Karena teman saya pun pernah mengalaminya. Dia bingung dan repot banget saat ingin memilih kado yang tepat, padahal dia dekat dengan temannya.

Contohnya juga yang sempat saya alami baru-baru ini. Beberapa hari setelah hari ulang tahun saya, teman-teman kampus memberikan kejutan di salah satu minimarket di daerah Jakarta Selatan (pasti kalian gak peduli tempatnya). Seperti biasa, setiap ada yang ulang tahun salah satu dari kami, maka kami akan mengulur-ngulur waktu memberikan ucapan dan kadonya.

Singkat cerita, teman-teman saya memberikan kado sebuah sepatu dengan model slip on. Saya suka, namun yang menjadi hal lucu kala itu adalah ukuran sepatu yang diberikan ternyata terlalu besar untuk kaki saya.

Ternyata mereka dapat informasi ukuran sepatu dari teman kerja saya dan infonya benar, tapi sedikit benarnya hahaha Dari situ bisa kita ambil kesimpulan, bahwa teman yang terkadang sering bermain dengan kita, belum tentu tau hal yang ada pada kita. Di sini lah kemampuan kamu dalam memahami diuji. Kalau kamu masih bingung maskudnya apa, cek di bawah ini ya. Oya, ini hanya menurut opini saya ya hehehe



Ini biasanya tahap dasar apabila kamu ingin memberikan kado ulang tahun ke seseorang. Terlebih lagi, bila kamu ingin memberikan kado untuk pacar. Kamu pasti sangat mengetahui hal-hal yang paling pasangan kamu sukai. Karena biasanya, saat menjalani hubungan spesial tersebut, tidak ada kebohongan dalam berkarakter.

Biasanya pasangan akan memberitahukan hal-hal yang orang lain belum tau dan hanya kamu yang tahu, atau pasangan mengeluarkan sifat yang sebelumnya belum pernah orang lain lihat, namun kamu tahu. Jadi sangat mudah menentukan kado untuk pacar.

Namun, menentukan kado ulang tahun  untuk teman (sahabat), terkadang agak sulit. Karena tidak semua teman menunjukan sesuatu yang original dari dirinya, entah iya punya sifat lain yang belum ditunjukan, atau ada hal lain yang dia sukai namun kamu belum mengetahuinya. Kalau memang kamu belum tahu, tandanya kamu kurang dekat dengannya.

Sebelum tanggal ulang tahunnya, kalau bisa 3 minggu sebelum hari ulang tahun. Cobalah untuk lebih dekat dengan dia dan cari tahu hal yang sedang ia sukai saat ini, atau sesuatu yang sangat ingin ia miliki. Berusaha lah mencari tahu, tanpa ia menyadari kalau kamu ingin memberikan hadiah atau kado ulang tahun tersebut. Selain dari teman, kamu juga bisa tanyakan hal tersebut dari orang tuanya atau kakak dan adiknya.

Kamu tanyakan hal tersebut ke keluarganya. Karena, biasanya orang tua lah yang lebih mengetahui dan memahami semua tentang anaknya. Kamu juga bisa menanyakan hal tersebut sambil mengajaknya jalan-jalan ke Mall atau pasar tradisional. Terkadang, teman akan mengatakan hal yang dia sukai saat dia dapat melihat barangnya langsung, atau dia akan menunjuk salah satu barang yang belum dia miliki dan itu dia sukai.



Coba kamu ingat-ingat lagi, tipe orang yang seperti apakah dia. Apakah dia termasuk orang yang lebay dalam suatu hal? Apakah dia termasuk yang menghargai sesuatu yang kecil sekalipun? Atau apakah dia orang yang tidak mau ribet sama sekali. Dari hal tersebut kamu bisa mengetahui kado yang cocok nantinya untuk dia. Seperti contohnya, kalau dia orang yang tidak lebay dan tidak terlalu ribet. Kamu bisa langsung memberikan kado ulang tahun seperti membelikan dia tas, baju, jam tangan, topi, jaket, dll.

Kalau dia termasuk orang yang menghargai sesuatu, bahkan yang kecil sekali pun. Kamu bisa membuatkan kado ulang tahun hand made (buatan tangan) kamu sendiri. Kamu bisa membuatkannya baju atau jaket rajutan, sebuah video ucapan ulang tahun dengan membuatnya se-kreatif mungkin, atau kamu juga bisa memberikan bingkai foto yang berisikan foto-foto kenangan kamu bersama dia selama berteman.

Karena dia tipe yang menghargai sesuatu yang kecil sekalipun, maka dia tidak akan melihat kado tersebut dari harga, namun dari usaha yang dikeluarkan untuk membuat atau mendapatkan kado tersebut. Karena menurut dia, semua itu tidak selalu dengan yang mahal. Karena dia akan lebih menghargai sesuatu yang diperoleh dengan kerja keras dan perjuangan #CMIIW hahaha



Nah, mungkin ini bisa dibilang agak mudah. Karena kamu hanya perlu lihat kebiasaan dia dalam bernampilan. Dari situ kamu analisa, sesuatu apa yang belum dia pakai, yang kemungkinan belum dia punya. sesuatu di sini bisa berarti baju, celana, topi, tas, sepatu, jam tangan. Nah kalo kamu mau menghadiahkannya baju, pastikan dia belum punya baju yang akan kamu berikan.

Jangan sampai dia sudah mempunyai model tersebut, lalu kamu belikan model yang sama. Kamu juga bisa melihat dari bentuk fisik barang yang ia gunakan. Sebagai contoh, apabila kamu sudah melihat sepatunya atau tasnya sudah tidak bagus lagi. Kamu bisa membelikannya barang tersebut dengan model yang berbeda namun dia suka.

Yaps, itu dia beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menentukan kado ulang tahun teman. Setiap orang memiliki cara yang berbeda dan ini hanya menurut saya saja. Mungkin kamu punya tips yang lebih unik dan beda dari yang lain. Intinya, dalam memberikan hadiah itu keikhlasannya. Percuma kamu membelikan kado yang mewah namun kamu sendiri tidak ikhlas hahaha.

Oya, saat memberikan hadiah, usahakan hadiah tersebut memerikan kesan yang dalam. Jadi, kenangan dari kado tersebut, sayang untuk dilupakan dan tidak dapat untuk dilupakan. Tapi saya tetap mengucapkan terima kasih buat teman-teman kampus yang sudah memberikan kado walaupun.... Ah sudahlah. Intinya, makasih, be creative dan terus berpikir positif.
Menentukan Kado Ulang Tahun

5 comments

  1. Ane selalu bingung klo mau ngasih kado ultah, ini bermaanfaat banget..

    ReplyDelete
  2. terimakasih gan artikelnya,,,sekarang ane gak bingung kalau mau ngasih kado ke orang lain

    ReplyDelete
  3. aku saja kadang juga bingung banget klo pas ultahnya Bojo takut gak sesuai harapan doi...lha tiap ditanya maunya apa pasti ngalihin pembicaraan...yaudah akhirnya aku kasih duit aja biarbeli sendiri wkwkwkw

    ReplyDelete