Belajar Bisa Dari mana Saja

Sebagai seseorang yang baru saja terjun di dunia Blog, saya masih belum banyak mengerti mengenai blogging itu sendiri. Untuk menambah ilmu saya mengenai blogging, banyak artikel yang saya pelajari dari Google. Satu persatu blog saya kunjungi, untuk mendapatkan panduan yang tepat mengenai blog. Kalau ditanya sudah berapa banyak blog yang saya kunjungi dan berapa artikel yang saya baca, jawaban saya pastinya sudah banyaaaaaak sekali. Dari artikel yang benar-benar bisa saya jadikan acuan, hingga beberapa artikel yang menurut saya sudah pernah dibaca (dalam artian ada beberapa artikel yang sama atau isinya artikel copas).

Ada beberapa saran sudah saya praktekan dari blog yang sudah dikunjungi, namun saya seperti "ah kayanya masih kurang ilmu dari Google deh, kayanya harus belajar langsung yang dalam arti tatap muka gitu nih" itu kalimat yang sempat terpikirkan.

Akhirnya saya mencoba mencari beberapa komunitas blog yang aktif, satu persatu grup blogger di Facebook saya ikuti dan saya terjun ke dalamnya. Tapi dari grup-grup blogger tersebut, saya lebih mendapatkan ilmu mengenai "bagaimana mendapatkan uang dari blog". Menurut saya ini sangat menarik, karena merupakan hal baru dan bisa menambah ilmu saya mengenai blogging.

Setelah beberapa lama saya masuk di grup-grup tersebut. Saya merasa kayanya blogging itu bukan semata-mata karena uang saja. Yaaaaaa..... walaupun gak bisa dipungkiri saya juga berharap mendapatkan penghasilan dari blog.

Tapi setelah saya tau, ada beberapa blog yang terdaftar pada grup tersebut yang artikelnya hanya copy paste dan kebanyakan dari mereka membuat blog benar-benar hanya ingin mendapatkan penghasilan tanpa memikirkan konten itu berkualitas atau tidak, yang penting mereka sering post artikel sebanyak-banyaknya. Selain itu yang terpenting bagi mereka, yang penting blognya memiliki niche (tema blog) yang jelas. Biar nantinya saat mengajukan banding daftar ke Google Adsense bisa diterima.

Jujur, sebagai orang yang suka sekali melamun jorok membaca dan menulis. Tidak semata-mata saya hanya ingin mendapatkan uang dari blog saja. Tapi juga ingin blog saya ini bagus, keren, maju dengan konten-konten tanpa copas namun tetap berkualitas. Memang hal yang sulit untuk melakukan hal tersebut, karena terkadang saya tidak mendapatkan suatu ide konten untuk dibuat menjadi sebuah artikel.

Maka dari itu, saya mulai mencari lagi grup blogger di facebook yang benar-benar aktif. Apalagi grup-grup Facebook tersebut tidak pernah melakukan meet up untuk sharing ilmu blog secara langsung. Sempat saya menemukan beberapa komunitas blogger yang bukan cuma sebuah grup di facebook saja, tapi memang memiliki komunitas yang aktif dan sudah mempunyai nama di dunia blogger. Namun saat saya bertanya dari di fanpage komunitas tersebut bagaimana cara bergabung menjadi anggota resmi, tidak ada respon dari mereka. Jadi saya berpikir mungkin komunitasnya sudah tidak aktif lagi.

Hingga akhirnya saya menemukan satu grup blogger di Facebook dengan nama bloggerjakarta.indo. Tadinya saya berpikir paling grup ini sama seperti dengan grup sebelah, dimana hanya share artikel yang baru dibuat oleh mereka supaya kita membacanya atau biasa disebut blogwalking. Jadi viewer blog mereka bertambah. Kalau gak mereka share mengenai penghasilan dari Google Adsense yang sudah di dapat bulan ini atau bulan-bulan kemaren.

Dan ternyata tidak, saya tidak menemukan hal tersebut. Eh mungkin bukannya tidak ya, tapi belum menemukan hal-hal seperti itu hehehe.... Ada satu hal yang membuat saya tertarik ingin bergabung dengan bloggerjakarta.indo, karena ada satu post di grup tersebut yang mengajak untuk anggotanya melakukan meet up di daerah Kota Tua, dimana nantinya mereka akan berbagi ilmu mengenai blog secara langsung (tatap muka). Dalam hati saya mengatakan "wah seru banget bisa belajar langsung gak kaya grup sebelah".

Tapi waktu itu, sayang saya belum bisa hadir ke meet up tersebut. Setelah beberapa bulan dari kesibukan, saya memberanikan diri untuk bertanya bagaimana sih caranya agar dapat bergabung menjadi anggota resmi bloggerjakarta.indo. Biar nanti enak kalo mau datang ke acara meet up hehehe.... Dan pertanyaan saya tersebut langsung direspon loh sama adminnya.

Dia ngasih link, dimana link tersebut mendirect saya ke sebuah website yang isinya mengenai form pendaftaran anggota. Saya berpikir keren sekali, saya kira komunitas ini hanya memiliki grup di facebook saja, namun juga website. Saya jadi semakin tertarik untuk bergabung. Belum lagi lumayan banyak anggota dari komunitas ini, ya walaupun tidak sebanyak spesies jomblo yang ada di Indonesia sih. Kalau kalian mau tau websitenya bisa klik di sini ya Blogger Jakarta.

Mungkin kalau ditanya kenapa saya ingin bergabung di komunitas Blogger Jakarta, alasan saya masih sama dengan di atas tadi. Yaaaaaa mungkin ditambah beberapa alasan lainnya. Karena saya merupakan blogger baru di dunia blog ini, jadi saya ingin menambah ilmu dan pengalaman saya di dunia blog, saya juga berharap teman saya bertambah. Karena terkadang komunitas ini melakukan meet up untuk sharing ilmu blog, jadi bisa kenalan langsung deh sama anggota lain.

Selain itu, mungkin saat saya bingung mengenai ide konten untuk membuat artikel, saya bisa bertanya atau sharing ke teman-teman komunitas Blogger Jakarta mengenai masalah saya tersebut. Seperti judulnya kalau ilmu bisa dari mana saja, jadi saya gak mau hanya dapat dari satu atau dua grup saja. Saya juga ingin menambah ilmu dari grup atau komunitas lain.

Sumber image : pexels
Share:

2 comments:

  1. Keren bro artikelnya. Saya juga sedang belajar ngeblog dari beberapa komunitas atau grup blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih bro, sama-sama belajar ya bro. Jangan lupa sharing juga bro.

      Delete

Copyright © panji | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com