Menjaga Privasi Paket Online dengan PopBox

Hari Minggu biasanya waktu yang tepat untuk bersantai di rumah, menghabiskan sisa kacang goreng yang belum sempat habis waktu malam kemarin dan membaca beberapa artikel yang bermanfaat untuk proses pengembangan diri.

Berbeda dengan Minggu kali ini, tepatnya tanggal 11 Maret 2018, ada satu acara di daerah Kuningan, Jakarta Selatan mengenai PopBox. Awalnya saya sendiri sedikit asing dengan nama tersebut. Setelah datang dan mendengarkan penjelasan dari team PopBox, akhirnya saya mengerti dan baru menyadari akan fungsi dari PopBox itu sendiri.

Pukul 10 pagi, saya sampai di gedung Aerobimo daerah Kuningan, Jakarta Selatan. Naik ke lantai 8 dengan lift, sesampainya di atas saya sudah disambut oleh team dari PopBox untuk mengisi data diri kehadiran peserta sekaligus diberikan bingkisan dari mereka.

Selesai mengisi daftar hadir, saya duduk dan langsung mendengarkan penjelasan dari mba Greta Bunawan mengenai PopBox. Dengan slide pendukung yang ditampilkan di proyektor, mba Greta dengan semangat memberikan informasi tersebut.

Kejelasan dari informasi yang diberikan, membuat saya paham akan fungsi dan kegunaan PopBox itu sendiri. Setiap pertanyaan dari peserta workshop dapat dijawab dengan baik disertai senyum indahnya.

Mba Greta menjelaskan bahwa PopBox ini merupakan sebuah pelayanan logistik dengan metode "Smart Locker". Jadi PopBox dapat digunakan untuk menjembatani paket barang online yang sudah kamu beli.

"Maksudnya gmn?"

Jadi saat belanja online, kamu dapat menggunakan alamat PopBox yang sudah tersebar di berbagai lokasi di Indonesia untuk alamat pengirimannya. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi salah kirim paket ke alamat yang tidak sesuai, dan untuk menjaga privasi paket online yang sudah kamu beli.

Sedikit informasi, bahwa PopBox Asia adalah perusahaan start up  di bidang logistik yang didirikan pada tahun 2015 oleh Adrian Lim & Greta Bunawan. Pop Box ini sendiri sudah hadir di dua negara loh yaitu Indonesia dan Malaysia.

Selain itu memiliki 300 titik locker  di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Jogyakarta, Semarang, Surabaya, Bali, Medan, Palembang dan 60+ locker di Malaysia (Kuala Lumpur).

"Siapa saja yang bisa pakai locker ini sih?"
untuk konsumennya seperti anak kos yang jarang di rumah, anak kantoran yang malu kalau ketahuan belanja online, alamat rumah yang sulit dicari sehingga memungkinan paket nyasar (salah alamat), pemilik toko online yang sering kirim barang, dll.

"Terus fitur apa saja sih yang tersedia di locker PopBox?"

Untuk fitur yang tersedia yaitu self pick up point, dimana kita dapat berbelanja di ecommerce partner seperti Lazada, Zalora, Blibli, Matahari Mall. Kita juga dapat  melakukan return packet dengan mudah dan gratis.

Selain itu kita juga dapat melakukan pembelian pulsa via locker PopBox dengan menggunakan e-money mandiri. Oya terdapat aplikasi mobile untuk PopBox loh. Aplikasi ini dapat digunakan untuk pemilik toko online ataupun customer yang ingin mengirimkan barang/dokumen. Caranya kita hanya cukup download aplikasinya, kemudian top up dana, lalu drop ke locker terdekat dan pilih alamat pengirimannya.

"Kalau cara kerjanya gimana ya?"
Caranya cukup mudah kok. Saat berbelanja online, cukup pilih lokasi pengirimannya ke locker, lalu kirim  dan ketika barang sampai, kita akan menerima kode PIN untuk ambil barang melalui SMS. Sedangkan untuk return barang, belanja di partner ecommerce, isi formulir pengembalian barang di website ecommerce, pilih lokasi PopBox terdekat, pilih menu kembalikan di layar locker, masukkan kode return & no telpon, masukkan barang ke locker dan barang akan diambil kurir dan dikembalikan ke penjual. Sangat mudah bukan?

"Keuntungan menggunakan locker PopBox apa?"
Keuntungannya sangat banyak kok. Pertama lebih aman, karena paket yang sudah kamu beli dan terdapat di locker PopBox hanya bisa diambil oleh orang yang memiliki SMS dengan kode PIN yang sudah diberikan. Kedua, privacy belanja online kamu akan terjaga. Ketiga, Barang bisa diambil kapanpun dan dimanapun sesuai lokasi lockernya. Bisa diambil kapanpun, karena locker aktif hingga 24 jam setiap harinya. Keempat, mudah dan praktis, karena tidak lebih dari 10 detik proses pengambilannya.

"Apakah kena biaya extra kalau pakai locker?"
Untuk biaya yang dikenakan kepada konsumen sangat murah kok, hanya Rp 10.000 untuk berat maksimal 3 kg. Jadi tidak ada biaya tambahan kalau belanja/kirim barang ke locker dari toko online, hanya seperti bayar ongkir biasa saja kok.
Jadi bisa disimpulkan bahwa PopBox ini merupakan layanan yang sangat berguna di era digital dimana orang lebih sering berbelanja online dibandingkan offline. Sehingga PopBox ini merupakan solusi yang tepat sekali untuk mengantisipasi pengiriman barang online yang tidak sesuai harapan.

Tidak perlu khawatir, PopBox ini sudah terpercaya. Terbukti sudah 550.000 pengguna yang terdaftar dan ini akan terus bertambah. Buat kamu yang ingin melakukan kerjasama atau mau tau informasi lebih lanjut mengenai perkembangan PopBox, bisa langsung menghubungi ke info@popbox.asia atau ke nomor 22538719.

Jangan lupa juga untuk follow akun social medianya di Instagram dan Twitter @popbox_asia atau bisa kunjungi ke website PopBox Asia.
Share:

5 comments:

  1. murah ya 3kg cuma 10.000
    lebih murah dibanding kurir ekspedisi pada umumnya

    ReplyDelete
  2. Rasanya semua solusi yang ditawarkan sangat menjawab permasalahan belanja online yg sering terjadi. Ga perlu galau2 lagi.. Apalagi trnyata ga jauh dri rumah ada popbox.. Kepeleset juga nyampe. Tepuk tangan..

    ReplyDelete
  3. Selama ini saya takut loh buat beli barang lewat online, gara-gara takut gak nyampe aja. Soalnya rumah saya ribet jalannya... PopBox ini menjawab banget sih cuy. Thanks yaa infonya

    ReplyDelete
  4. ko di Cisoka belum ada yah :D


    ehhh Cisoka itu Kota Besar loch hahahah

    masa PopBox gak mau investasi disana :)

    ReplyDelete
  5. Udahlah murah (10.000 utk 3 kg), bisa diambil 24 jam, privacy kita juga terjaga lagi. Mantap ya.

    ReplyDelete

Copyright © panji | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com