Lakukan 7 Hal ini Sebelum Memulai Harimu!

Apakah hingga saat ini kalian tidak pernah merasa bahagia? Mungkin untuk tingkat kebahagian setiap orang berbeda-beda. Ada sebagian orang yang hanya dibelikan barang favoritnya, kemudian mereka sudah merasa bahagia, atau bahkan sangat bahagia.

Baca juga : Saran Aja Part #1 Pesan Tersembunyi Di Fina Piala Eropa

Saya pribadi akan merasa sangat bahagia bila suatu hal yang saya sukai terjadi. Contohnya, saya bahagia bila melihat orang-orang di sekitar saya sedang bahagia juga dan bila itu terjadi, saya akan merasa bahagia. Simpel kan? Memang terdengar klise, namun memang itu lah tolak ukur kebahagian saya.

Bahagia merupakan hak setiap orang. Tidak hanya tolak ukur saja, untuk sebuah definisi bahagia pun mereka pasti memiliki pengertian yang berbeda namun intinya tetap sama. Ini menurut pendapat atau opini saya saja ya, kalau sesuai dengan kalian itu bagus, kalau tidak sesuai ya sudah.

Bisa dibilang, bahagia merupakan suatu keadaan, pikiran, atau perasaan yang tentram tanpa memikirkan suatu masalah sedikit pun. Jadi gambarannya saat bahagia datang, kumpulan masalah yang sudah membelenggu di hati dan pikiran kita tadi, sementara terlupakan dan bergeser entah ke dimensi mana sehingga hanya perasaan senang dan tentram yang tersisa yang kita rasakan.

Ingat, bergesernya hanya sementara. Karena kalau momen bahagia itu sudah lewat, maka kita akan kembali memikirkan masalah tersebut hehehe. Namanya juga hidup, tidak akan selalu bahagia. Pasti ada momen dimana masalah datang, baik yang kecil hingga yang besar.

Untuk mencapai titik kebahagiaan pada diri kita memang bukan hal yang mudah. Apalagi bila kita merupakan tipe orang yang sensitif dan baperan. Jangankan bahagia, mendengar atau diperlakukan tidak sesuai keinginan, kita saja sudah marah. Sehingga hari-harimu akan selalu dihiasi oleh perasaan baper tersebut.

Belum lagi bila kalian memiliki rutinitas yang monoton setiap harinya, yang kemudian memunculkan perasaan bosan, jenuh dan malas. Lalu muncul lah rasa tidak bersemangat yang akan menghambat kebahagian tersebut.
Saya mau berbagai opini atau pendapat saya mengenai hal yang mungkin belum dilakukan, atau lupa kalian terapkan. Di bawah ini ada beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan sebelum memulai aktivitas setiap harinya agar perasaan bahagia dapat muncul. Karena ini sangat simpel, jadi mungkin kalian mudah untuk melakukannya.
Saran pertama ini memang terdengar biasa saja, namun kenyataannya memiliki manfaat yang luar biasa. Ada baiknya kalian menarik nafas dalam-dalam sebelum melakukan suatu aktivitas. Karena menarik nafas yang dalam dan panjang, memiliki manfaat psikologis dan fisiologis untuk diri kita. Sorry nih, jadi agak berat bahasanya. Tapi memang infonya seperti itu yang saya dapat dari google. Kalau kalian gak ngerti, mending lanjut ke nomor 2 aja.

Untuk manfaat psikologis tersebut seperti meredakan stres, mengurangi rasa cemas dan menurun kan amarah. Sedangkan manfaat fisiologisnya yaitu memperbaiki sirkulasi darah, kemudian menurunkan tensi atau tekanan darah, dan meningkatkan fungsi paru. Jadi menarik nafas yang dalam dan panjang, sangat baik sebelum kamu melakukan aktivitas. Namun jangan lupa nafasnya dihembuskan ya, jangan ditelen, nanti malah kenyang.
Mungkin semua orang sudah pernah melakukan hal ini, tapi siapa tau ada yang belum. Jadi saya mengingatkan saja. Kita semua tau dan setuju, alangkah baiknya berdoa sebelum melakukan sesuatu (aktivitas). Agar kita diberikan kelancaran, kenikmatan, keselamatan dan kesehatan untuk beraktivitas setiap harinya.

Karena bila semua nikmat itu datang, kita secara otomatis akan merasa bahagia. Doa sangat penting. Ingat, semua di awali dengan doa dan diakhiri dengan doa. Jadi apakah kalian termasuk seseorang yang selalu ingat untuk berdoa sebelum menjalankan aktivitas atau tidak?
Berpikir positif akan memberikan energi tersendiri untuk memulai harimu. Kebanyakan dari kita sebelum menjalan suatu aktivitas, sering kali menerka-nerka tentang hal apa saja yang akan terjadi nantinya.

Saat menerka, selalu berujung dengan hal yang negatif seperti, "ah kalo gue nanti ngelakuin ini, pasti ujung-ujungnya gitu lagi", atau "palingan kaya kemarin lagi, dateng diomelin lah, di bully lah, males ah gue jadinya". Mungkin kalimat-kalimat negatif itu yang nantinya akan keluar di pikiran kalian.

Oleh sebab itu, lupakan semua masalah kemarin yang pernah terjadi, entah masalah di kuliah, kantor, pertengkaran dengan pasar atau teman. Paksa diri untuk berpikir positif. Karena kalau kita berpikir positif, semesta aka mendukung kita. Kalau kalian mengeluarkan aura positif, maka kalian juga akan menerima hal positif. Atau bisa juga dengan mengucapkan kalimat seperti "Hari ini pasi lebih baik dari kemarin" atau "Semua akan baik-baik saja", atau mungkin kalian punya kalimat favorit yang biasa diucapkan untuk meningkatkan semangat.
Sebagai manusia yang masih memiliki kebutuhan untuk makan, sarapan sangat penting. Karena sebelum melakukan suatu aktivitas, kita membutuhkan energi lebih. Apalagi kalau kalian jomblo, butuh energi lebih banyak untuk mendapatkan kebahagiaan dari posisi kamu yang sekarang ini selalu sendiri.

Sarapan dengan makanan yang bergizi atau makanan yang kamu sukai pastinya. Karena sarapan dapat menyegarkan otak dan mengurangi resiko stres, yang nantinya dapat membantu kamu selalu berpikir positif. Karena tidak mungkin kamu menjalani semua aktivitas dalam satu hari dengan perut kosong dan lemas.
Saat bertemu dengan orang lain di jalan, cobalah untuk menyapanya. Bisa orang yang dikenal atau bahkan yang tidak dikenal. Terutama sapa orang-orang yang kalian sayangi. Apabila kita memberikan sapaan yang positif kepada orang-orang di sekitar, maka kita akan menerima hal positif itu juga. Sehingga tubuh dan perasaan akan lebih bahagia. Karena selain dari diri sendiri, dorongan besar untuk bahagia dapat muncul dari orang-orang di sekitar kita terutama orang yang kita sayang.
Tersenyum merupakan hal paling mudah untuk dilakukan, namun sering kali disepelekan dan dilupakan begitu saja. Keluarkan senyum manis cetar membahana andalan kalian. Karena secara tidak sadar, senyuman merupakan obat paling mujarab untuk memperbaiki hati yang sedang tidak baik. Kalian akan menemukan hal yang luar biasa dari tersenyum. Tapi jangan senyum-senyum sendirian, nanti dikira gila.
 Bersyukur
Menurut saya, ini merupakan aspek penting dari semua tips di atas. Intinya, kita harus banyak-banyak bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan atas semua nikmat dan karunia yang telah diberikanNya. Nikmat seperti masih diberikan umur panjang untuk menjalani aktivitas rutin, nikmat dapat melihat, bernafas, berjalan, mendengar dan berbicara.

Selagi kita bersyukur dengan hal-hal kecil yang sudah ada sejak lama dari kita lahir ke dunia ini, makan kamu akan merasa lebih bahagia dan damai. Karena beberapa orang sering melupakan nikmat paling dasar, namun itu merupakan sesuatu yang besar telah Tuhan berikan. Apalagi masalah dan semua tantangan yang kita terima tidak seberat orang lain. Bersyukur sangat, sangat dan sangat penting. Cobalah untuk melakukannya dan rasakan manfaatnya *kaya iklan obat*. Ingat, hanya butuh bersyukur.
Sepertinya itu saja opini atau pendapat dari saya mengenai hal-hal yang mungkin bisa kalian lakukan sebelum memulai aktivitas, agar kalian bisa membangkitkan perasaan bahagia di dalam diri. Tapi semua kembali lagi kepada diri masing-masing. Karena kenyataannya, kita yang tau bagaimana cara membuat diri ini bahagia nantinya.

Hal terpenting adalah selalu melakukan sesuatu yang positif dan menjauhkan hal-hal yang dapat membuat perasaan kalian tidak enak. Ingat, kamu boleh saja memikirkan masalah yang kamu hadapi, tapi tidak terlarut di dalamnya. Cobalah untuk memikirkan jalan keluarnya, bukan memikirkan kenapa masalah itu datang kepada kalian.

Tenang, selalu ada pelangi setelah awan hitam dengan hujan lebat yang turun. Semoga artikel yang absurd ini dapat memberikan inspirasi untuk kalian memulai hari dengan lebih baik dan ceria, semangat dan bahagia. Pokoknya stay positive and be creative ya.
Share:

1 comment:

Copyright © panji | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com