Yuk, Konsumsi Buah dan Sayur Untuk Hidup Lebih Sehat!

Saya tidak tau kenapa akhir-akhir ini pola hidup saya sedikit berubah. Mungkin salah satu faktornya yaitu karena belum lama ini saya mendaftar manjadi anggota di salah satu pusat kebugaran (fitnes) di Jakarta. Faktor lainnya karena saya sadar bahwa saya harus mulai bisa merawat diri. Saya sudah mulai sadar akan pentingnya hidup sehat.

Kenapa saya bisa berpendapat seperti itu? Munkin salah satu alasannya yaitu karena latar belakang saya yang merupakan anak kos. Saya merupakan anak kos yang tinggal sendiri dan cukup jauh dari keluarga. Keadaan dimana saat saya sakit sungguh momen yang tidak menguntungkan. Saya harus merasakan betapa lemahnya saya dan harus merasakan hal tersebut seorang diri.

Karena saya tidak berani untuk memberikan kabar kepada keluarga, takut mereka khawatir. Jadi mau tidak mau saya harus berjuang sendiri menahan rasa sakit. Sudah beberapa kali saya sakit seperti badan panas, meriang, flu, batuk, radang, bahkan magh yang sampai membuat saya lemas tak berdaya. Mungkin bagi kamu, itu merupakan sakit yang sepele. Tapi tidak menurut saya.

Kalau mengingat semua kejadian tersebut, hanya membuat saya sedih karena harus berjuang seorang diri. Mungkin itu terjadi karena saya yang tidak dapat menjaga pola hidup. Saya merupakan anak muda yang sering kali tidur larut malam, makan sembarang, minum sembarang. Sehingga mungkin itu yang membuat metabolisme tubuh saya menjadi tidak baik dan membuat saya mudah terserang penyakit.

Hingga akhirnya saya menerima ajakan teman saya untuk mendaftar menjad anggota di pusat kebugatan di Jakarta. Harga menjadi anggota di tempat tersebut memang cukup mahal untuk ukuran anak kos seperti saya. Tapi saya harus melakukannya, karena mungkin ini awal saya dapat merubah pola hidup.

Setelah mendaftar, saya pun perlahan  mulai merubah pola hidup saya yang tadinya tidur larut malam atau bahkan dini hari menjadi tidur di bawah jam 12 malam. Mungkin memang masih tergolong malam, tapi setidaknya saya sudah sedikit mengurangi begadang yang sering saya lakukan. Karena menurut saya yang penting perlahan tapi pasti.

Selain mengatur jam tidur, saya juga mencoba untuk mengonsumsi makanan dan minuman tidak sembarangan. Saya merupakan salah satu orang yang tidak terlalu suka dengan sayur, namun mengingat bahwa sakit itu tidak enak sama sekali, perlahan saya mencoba mengonsumsi sayur seperti wortel, labu siam, dan jagung. Memang bukan sayuran hijau, tapi setidaknya saya sudah mencoba untuk memakan beberapa jenis sayuran.
foto : panjisaputro.com
Karena wortel memiliki nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Selain itu, wortel mengandung serat yang dapat memperbaiki kondisi saluran pencernaan yang terganggu seperti diare. Walaupun secara medis, wortel belum terbukti menghilangkan minus pada mata. Tapi alangkah baiknya saya menjaga kesehatan mata saya. Mengingat kedua orang tua saya mengalami minus pada matanya. Karena mengonsumsi wortel sangat disarankan khususnya bagi orang yang mengalami rabun senja. Tapi saya tidak rabun senja, makanya saya memakan wortel agar hal itu tidak terjadi kepada saya.

Okey kalau kamu masih belum percaya mengenai manfaat dari wortel, kamu bisa cek kandungan vitamin pada wortel seperti biotin, vitamin K1, vitamin B6, dan kalium. Pertama, biotin merupakan vitamin B yang sangat berperan penting dalam metabolisme lemak dan protein.

Kedua, vitamin K1 yang berguna untuk pembekuan darah dan dapat menjaga kesehatan tulang. Ketiga, vitamin B6 yang bermanfaat untuk mengubah makanan menjadi energi. Keempat, kalium yang merupakan mineral penting dalam membantu berbagai fungsi tubuh, sebagai sumber tenaga dan kekuatan otot, nutrisi bagi jantung, dan membantu mengendalikan tekanan darah.

Itulah mengapa saya mulai mengonsumsi sayuran dan dimulai dari wortel. Karena saya butuh vitamin A untuk kesehatan mata saya dan kandungan kalium utnuk sumber tenaga dan kekuatan otot saya. Sehingga saya kuat dalam melakukan kegiatan olahraga angkat beban dan semua kegiatan lainnya.

Selain mengonsumsi sayuran untuk sumber nutrisi, saya juga mendukungnya dengan mengonsumsi buah-buahan. Nah, saya merupakan orang yang sangat suka dengan buah, terutama pisang, apel, anggur, pepaya, alpukat, mangga, melon.

Namun yang sangat menjadi favorit saya yaitu pisang dan alpukat. Saya bisa saja menghabiskan 3 sampai 5 buah pisang dalam satu waktu, bahkan bisa lebih dari itu. Tidak tahu alasannya, pokoknya setiap makan pisang, rasanya saya tidak bisa berhenti dan ingin memakannya terus. Kalau alpukat saya sangat suka bila diolah menjadi jus. Karena menjadi lebih mudah untuk menikmatinya.
foto : panjisaputro.com
Karena nutrisi yang terkandung di buah pisang antara lain karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, potasium (kalium) dan magnesium. Sehingga dapat menjadi sumber energi baik untuk kita melakukan aktivitas fisik ataupun olahraga. Selain itu, pisang juga dapat mengatur denyut jantung, tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung, menangkal efek kerusakan sel dan jaringan tubuh dan meringankan tugas pembersihan darah oleh ginjal. Oya satu lagi, ternyata pisang juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan.
Untuk nutrisi yang terkandung di dalam buah alpukat tidak terlalu berbeda dengan buah pisang. Buah alpukat juga mengandung kalium, magnesium, lutein, karbohidrat, protein dan folat. Selain itu, terdapat beberapa vitamin yang terkandung di alpukat seperti vitamin A, B, C, E dan K. Kelebihan lainnya adalah rendah akan kandungan gula, namun kaya akan lemak dan serat. Tidak perlu khawatir, lemak yang terkandung di alpukat adalah lemak baik.
foto : panjisaputro.com
Dari nutrisi yang terdapat di alpukat, banyak manfaat yang bisa didapatkan seperti baik untuk menjaga berat badan dan kesehatan jantung, menurunkan kolesterol jahat, baik untuk ibu hamil, mengurangi risiko kanker dan bagus untuk mata. Nah kan, selain wortel, alpukat juga baik untuk kesehatan mata.

Mungkin kalian akan berpikir pengetahuan saya akan sayur dan buah sangat luas ya. Karena dapat menjelaskan manfaat dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Jadi beberapa informasi di atas saya dapatkan setelah saya membaca beberapa artikel yang sudah saya baca.

Banyak informasi mengenai manfaat buah dan sayur yang bisa kamu dapatkan di google. Karena sebelum saya memilih makanan untuk sumber nutrisi, saya melakukan riset mengenai manfaat buah dan sayur dari internet. Oleh sebab itu, untuk merubah pola hidup, saya mulai dengan tidak tidur terlalu malam dan tidak sembarangan dalam mengonsumsi makanan dan minuman.

Mungkin beberapa teman-teman ada yang tidak menyukai sayur, tapi menyukai buah. Ada yang menyukai buah, tapi tidak menyukai sayur. Bahkan mungkin ada beberapa teman-teman yang tidak menyukai keduanya sama sekali.

Namun setelah apa yang saya rasakan dan sudah saya jelaskan sebelumnya, bahwa sakit itu tidak enak sama sekali. Saya ingin mengingatkan kalian, kalau sehat itu mudah, sehat itu gampang, namun sayang kita sering menyepelekannya. Kita sering meremehkannya. Padahal banyak cara untuk kita bisa hidup sehat.

Teman-teman bisa memulainya dengan hal kecil seperti tidak tidur terlalu malam, berolahraga dan memakan makanan yang bernutrisi tinggi seperti buah dan sayur. Kalau teman-teman belum bisa mengonsumsinya dalam arti belum menyukai buah atau sayur, kamu bisa memulai dari yang sedikit kamu sukai.

Contohnya seperti saya yang awalnya tidak menyukai sayur, tapi saya perlahan mencoba beberapa jenis sayuran yang sedikit membuat penasaran dan bisa saya terima seperti wortel. Lalu nanti kalau sudah terbiasa dengan wortel, bisa masuk ketahap sayuran lainnya seperti bayam, kangkung, kol dan teman-temannya. Saya pun bersyukur karena belum lama ini sayur bayam sudah mulai saya coba konsumsi.

Kalau kamu juga belum menyukai buah, lakukan hal yang sama seperti di atas. Kamu juga bisa memulainya dengan beberapa minuman dengan rasa buah, makanan dengan rasa buah atau hal lainnya. Sampai akhirnya kamu siap untuk memakan buah sesungguhnya.

Memang tidak mudah melakukan sesuatu hal yang tadinya tidak kita sukai, kemudian harus kita sukai dan harus dilakukan. Tapi tidak ada yang tidak mungkin bila kalian berniat melakukannya. Karena saya saja yang awalnya tidak suka, pada akhirnya mulai menyukainya. Semua butuh proses, tidak ada yang langsung suka atau langsung jadi begitu saja.

Ingat teman-teman, ingin hidup sehat itu sangat mudah. Semua kembali lagi kepada diri kita, kepada pola pikir kita. Apakah kita ingin hidup sakit-sakitan atau kita ingin hidup sehat? Semua itu merupakan pilihan. Apalagi mengingat banyak sekali nutrisi yang terkandung pada buah dan sayur, yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Jadi, mulai sekarang hidup sehat, mulai sekarang konsumsi buah dan sayur. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari buah dan sayur yang kita konsumsi. Karena kesehatan itu penting demi kelancaran aktivitas kita. Jangan sampai kamu menyesal nantinya saat kamu baru merasakan sakit. Karena kalau sudah sakit, hingga kita dirawat, akan banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat kita sehat kembali. Hal itu akan merepotkan diri kita, keluarga dan saudara. Jadi sebelum itu terjadi, yuk hidup sehat dengan sering mengonsumsi buah dan sayur.

Konsumsi Sayuran dan Buah Untuk Kehidupan yang Lebih Baik



Note : informasi nutrisi wortel, pisang dan alpukat diperoleh melalui website alodokter
Yuk, Konsumsi Buah dan Sayur Untuk Hidup Lebih Sehat!