Manfaat Nutrisi Komplit untuk 33 Juta Anak Indonesia, Penentu Masa Depan Bangsa Indonesia

https://www.pexels.com/@belart84
Ternyata, hidup sehat itu tidak mudah, tapi tidak susah juga. Karena kenyataannya, banyak sekali hal yang harus dilakukan. Seperti salah satu kalimat, kalau olahraga itu penting dan sangat baik untuk kesehatan. Memang benar olahraga itu sangat penting untuk membuat tubuh kita tetap bugar dan sehat.

Tapi tidak hanya aktivitas olahraga saja, kita juga harus mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang tinggi, mengatur pola tidur, dll, untuk hidup sehat. Karena percuma kalau kita berolahraga, tapi kebutuhan makanan yang kita konsumsi tidak mendukung. Misalkan kamu berolahraga, tapi makanan yang dikonsumsi mengandung kolesterol dan lemak jenuh yang tinggi, tanpa ada kandungan nutrisi yang tinggi didalamnya. Padahal kita tau hal tersebut tidak baik. Jadi, memperhatikan kandungan nutrisi yang kita makan sangatlah penting ya.

Mungkin untuk sebagian orang, memilih makanan dengan kandungan nutrisi yang tinggi bisa dibilang cukup mudah. Apalagi untuk orang dewasa seperti kita. Karena kita lebih bisa memahami dan mengerti makanan mana yang dapat kita kita konsumsi untuk mendukung proses hidup sehat yang kita lakukan.

Tapi bagaimana dengan sebagian orang lagi yang diisi oleh anak-anak yang belum bisa memahami dan mengerti makanan yang baik untuk dikonsumsi. Seperti yang kita tahu, anak-anak akan memakan makanan yang memang mereka suka dan mereka inginkan.

Faktanya, berdasarkan data Profil Kesehatan Indonesia yang diterbitkan Pusat Data Informasi (Pusdatin) Kementrian Kesehatan Republik Indonesia pada 2017 lalu, tercatat ada lebih 33 juta anak usia dini yang mendominasi piramida penduduk Indonesia. Data ini diperlihatkan bahwa Indonesia termasuk dalam kategori negara dengan struktur penduduk muda.
33 juta bukanlah angka yang sedikit. Bila  33 juta anak tidak mendapatkan konsumsi makanan yang baik untuk kesehatannya, maka pertumbuhannya dimasa depan tidak optimal. karena dengan makanan dengan nutrisi yang tinggi, berperan penting karena mendukung perkembangan keterampilan, kognitif, sosial dan akademis anak. Nah, perkembangan anak yang optimal ini, tetntu berpengaruh pada produktivitas kerja di masa mendatang, sehingga mereka dapat menjadi sumber daya manusia yang unggul dan menjadi pendukung untuk kemajuan bangsa.

Karena kita pun tahu, anak-anak adalah masa depan suatu bangsa. Apalagi data World Economis Forum tahun 2018, mengungkapkan Indonesia menempati posisi ke-45 dari 140 negara dalam indeks daya saing global. Maka dibutuhkan kesiapan negara demi menghadapi masa depan dengan memajukan ekonomi, kesehatan dan stabilitas bangsa.

Bila 33 juta anak Indonesia mendapatkan nutrisi yang seimbang, dan dapat tumbuh menjadi penerus bangsa yang dapat membawa negeri ini lebih maju lagi dan dapat bersaing dengan negara lain, maka masa depan Indonesia akan lebih baik lagi.

Bayangkan saja bagaimana majunya Indonesia nanti ketika lebih dari 33 juta anak Indonesia tumbuh menjadi sumber daya yang berkualitas. Namun agar hal itu terwujud, harus ada duungan yang diberikan dari seluruh pihak untuk menjadikan anak sebagai generasi maju, sehingga mereka dapat berkontribusi tinggi dalam pembangunan Indonesia.
https://pixabay.com/id/users/ramadhannotonegoro-6545355/
Setiap anak perlu mendapatkan nutrisi lengkap sebagai salah satu fondasi untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa nutrisi berperan penting guna mendukung perkembangan keterampilan kognitif, sosial dan akademis anak.

Oleh sebab itu, orang tua dan orang-orang di lingkungan sekitar terdekat anak, harus memberikan dukungan terbaik yang salah satunya menyediakan nutrisi lengkap dalam makanan yang dikonsumsi anak.

Selain itu, anak juga memerlukan dukungan stimulasi dari orang tua dan lingkungan sekitar seperti kecerdasan dan kreativitas, kemampuan untuk tumbuh tinggi dan kuat, kemampuan sosial yang baik, serta kemandirian dan rasa percaya diri. Sehingga suatu saat nanti, potensi yang didukung dengan optimal dapat mendukung anak-anak dalam menjadi penentu masa depan bangsa.

Dari sisi pemerintah, diperlukasi regulasi yang mengatur pemenuhan nutrisi lengkap pada anak-anak Indonesia, dengan menyediakan fasilitas kesehatan dan edukasi yang memadai. Dengan kerjasama anatara pemerintah dan masyarakat, lebih dari 33 juta anak Indonesia dipastikan akan tumbuh menjadi generasi maju yang bisa berkontribusi terhadap pembangunan bansa.

Ingat ya, nutrisi tinggi dan stimulasi untuk anak itu penting dan butuh dukungan. Karena lebih dari 33 juta anak Indonesia menjadi penentu bangsa.

Semoga pemerintah dan masyarakat bisa bekersama dalam mendukung perkembang 33 juta anak Indonesia. Semoga juga 33 juta anak Indonesia tumbuh dan berkembang menjadi generas maju yang dapat membawa Indonesia lebih maju lagi.

https://www.haibunda.com/advertorial/d-4431316/dukung-nutrisi-33-juta-anak-indonesia-demi-kemajuan-bangsa
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4431565/pentingnya-dukungan-nutrisi-bagi-33-juta-anak-penerus-bangsa
Manfaat Nutrisi Komplit untuk 33 Juta Anak Indonesia, Penentu Masa Depan Bangsa Indonesia

Post a Comment