3 Manfaat Kamu Curhat ke Sahabat

Siapa sih yang tidak pernah mengalami masalah di hidupnya. Setiap orang pasti memiliki masalah, dan pastinya berbeda-beda. Kalau bahas soal masalah, hal tersebut bisa datang dari mana saja. Entah itu karena pertengkaran dengan teman, pacar, masalah di kerjaan, bahkan bisa dari keluarga terdekat.

Kalau menurut saya, masalah itu bisa dikategorikan menjadi masalah yang ringan dan ada juga yang berat. Mungkin untuk beberapa masalah ringan, kamu sudah bisa mengatasinya sendiri. Namun apabila masalah yang kamu hadapi terlalu berat, apa kamu bisa tahan dan sanggup menghadapinya?

Yaaaaa saya gak tau juga sih, apakah kamu termasuk orang yang mudah pusing saat menghadapi masalah yang berat. Tapi kebanyakan orang pasti seperti itu. Bahkan dari sebagian orang, pasti ada yang sampai ketahapan stres saat menghadapi suatu masalah yang berat.

(Baca ini juga deh : 3 Alasan Kamu Gak Boleh Kepoin Medsos Mantan)

Walaupun tidak semua orang, tapi sebagian dari orang-orang di luar sana, pasti berusaha mencari pelampiasan untuk melupakan masalah yang mereka hadapi. Bersyukur kalau pelampiasan tersebut positif, nah kalau negatif gimana? Bukannya semakin membaik, yang ada malah akan menambah kamu pusing dan stres saja.

Untuk menghindari hal negatif yang tidak diinginkan, ada baiknya kamu datang ke sahabat. Yaaaa gak harus sahabat juga sih sebetulnya, kamu juga bisa datang ke orang tua, atau saudara. Tapi untuk kasus kali ini, saya coba ambil salah satunya yaitu sahabat.

"Kenapa harus cari sahabat pas gue ada masalah?"

Jadi gini maksudnya, di sini kamu bisa menceritakan semua masalah yang sedang kamu hadapi. Gak harus semua juga sih, beberapa aja juga bisa. Karena setelah kamu curhat dan berdoa kepada Tuhan, salah satu tempat terbaik yang selanjutnya bisa kamu pilih untuk curhat yaitu kepada sahabat.

"Tapi kan curhat gak akan menyelesaikan masalah!"

Iya emang bener, curhat gak akan menyelesaikan masalah. Teee taaa piiii, walaupun tidak menyelesaikan masalah yang kamu hadapi. Dilihat dari sisi lain, ternyata curhat punya manfaat yang baik untuk kamu. Oke, biar lebih jelasnya. Saya akan menjelaskan dengan kesotoyan saya, kenapa curhat ke sahabat itu memiliki manfaat untuk kamu.
Beban menjadi berkurang di sini, bukan berarti masalah yang kamu hadapi mau selesai atau sedikit berkurang ya. Namun lebih mengarah kepada mental kamu. Jadi perasaan kamu akan lebih baik, atau bisa dibilang menjadi lega deh. Karena ada orang lain yang mau mendengarkan dan berbagi kisah yang sedang kamu alami, sehingga kamu merasa tidak sendirian lagi.

Karena tanpa kita sadari, mencurahkan perasaan gelisah kepada sahabat, membuat hati dan pikiran merasa lebih baik. Apalagi untuk sebagian wanita. Karena kebanyakan dari mereka saat memiliki masalah, pasti akan mencari seseorang khususnya sahabat dekat, untuk berbagi kisah mencurahkan semua isi hati yang sedang dialami.
Biasanya, saat kita pusing hingga stres saat menghadapi masalah, sangat sulit untuk berpikir jernih dan positif untuk mencari jalan keluarnya. Kita akan sulit berpikir mengenai langkah apa yang sebaiknya dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Malah yang ada, kamu jadi berpikiran negatif seperti

"Kenapa sih masalah ini dateng ke gue?" atau "Kenapa sih masalahnya kaya gini banget?"

Kalimat negatif tersebut yang kemungkinan ada dipikiranmu. Kalau sudah seperti itu, kamu butuh seseorang yang bisa memberikan masukan atau saran mengenai masalah yang sedang kamu hadapi. Seperti yang sudah jelaskan di atas, sebenarnya sih gak harus banget curhat ke sahabat.

Kamu juga bisa curhat ke orang tua atau saudara. Tapi sebagian orang malu untuk bercerita tentang masalah yang dihadapi kepada keluarga terdekat. Apalagi bila masalah yang terjadi, ada hubungannya dengan masalah cinta. Pasti kamu lebih memilih curhat ke sahabat.

Maka dari itu, sahabat lah salah satu tempat yang cocok untuk menjadi teman curhat. Karena sahabat sudah menjadi seseorang yang dekat dengan kita, dan tau bagaimana jelek dan bagusnya kita. Sehingga tidak ada batasan, dan kamu tidak perlu malu untuk bercerita.

Nah, saat curhat ke sahabat, maka kamu akan mendapatkan saran yang sebelumnya belum terpikirkan olehmu. Walaupun saran tersebut belum tentu bisa menyelesaikan masalah, setidaknya kamu tau ada opsi lain untuk menjadi sedikit acuan kamu, melakukan langkah selanjutnya dalam menghadapi masalah tersebut.

Tapi jangan lupa, kamu bisa menyaring saran yang diberikan. Karena pasti tidak semua saran sesuai dengan masalah yang kamu hadapi. Jadi kembali lagi kepada diri sendiri, karena kamu yang tau saran mana yang baik untuk kamu ikuti dan saran yang sebaiknya tidak kamu ikuti.
Dengan curhat ke sahabat, tanpa kamu sadari, sahabat akan merasa bahwa kamu telah percaya ke dia. Karena kamu sudah menceritakan sebuah rahasia yang dia anggap hal tersebut merupakan rahasia pribadi, dan seharusnya tidak diceritakan ke orang lain.

(Baca ini juga deh : Lakukan 7 Hal ini Sebelum Memulai Harimu)

Karena hal tersebut, persahabatan akan semakin erat. Saat sahabatmu mempunyai masalah juga, dia akan bercerita kepada kamu. Karena kamu sudah mempercayai rahasia pribadi yang kamu miliki kepadanya. Sehingga kamu dan sahabat akan semakin tau mengenai perasaan yang sedang kalian alami masing-masing.
Itu dia 3 manfaat curhat ke sahabat. Jadi saat kamu punya masalah, jangan dipendem sendirian ya. Gak masalah juga sih dipendem sendiri. Tapi dengan catatan kamu termasuk orang yang kuat dan bisa menyelesaikan masalah tersebut. Inget jangan sok tegar deh.

Tapi jangan asal curhat juga ya ke orang lain. Pilih lah orang lain yang menurut kamu benar-benar bisa menjaga rahasia, dan dapat memberikan saran yang baik untuk menyelesaikan masalah yang kamu hadapi.

Semoga kesotoyan saya ini bermanfaat ya. Dan jangan lupa untuk selalu berpikir positif dan selalu kreatif.
3 Manfaat Kamu Curhat ke Sahabat