Rabu, 21 Juni 2017

Susahnya Bangun Pagi

Susahnya Bangun Pagi
Belum lama ini saya membuat sebuah jadwal dimana saya harus bisa bangun pagi sebelum waktu shubuh tiba. Karena sudah beberapa minggu belakangan ini, saya selalu kesiangan. "Emang jam berapa bangunnya sampe bilangnya kesiangan?", untuk jam bangun saya beberapa minggu ini yaitu jam 7 sampai jam 8 pagi.

Mungkin sebagian orang berpikir kalau jam segitu belum masuk dalam kategori siang. Memang benar, tapi ada seorang pengusaha atau tepatnya pemilik tempat kosan saya tinggal berkata seperti ini, "yang disebut bangun pagi itu sebelum masuk waktu shubuh, lewat dari itu berarti siang". Dan menurut saya statement tersebut memang benar. Saya sendiri gak tau alasannya apa, tapi saya merasa setuju saja.

Belum lagi, ternyata bangun pagi itu memiliki banyak manfaat. Salah satunya yaitu kita memiliki waktu lebih untuk melakukan kegiatan-kegiatan kita. Kegiatan tersebut bisa berarti mengerjakan tugas kantor atau tugas kuliah yang belum sempat dikerjakan. Maka dari itu saya selalu berusaha setiap harinya agar dapat bangun pagi hari. Terlepas dari manfaat tadi, saya juga bisa mengisi waktu pagi dengan bermain game hahaha

Sebagai anak kosan yang tinggal sendiri jauh dari orang tua. Bagi saya pribadi, bangun pagi merupakan sebuah kegiatan yang sulit untuk dilakukan. Bahkan saya sudah memasang alarm di jam weker dan alarm di 2 (dua) handphone saya.

Tapi tetap saja tidak berhasil untuk membangunkan naga yang sedang nyenyak bermimpi. Sempat bangun karena alarm, namun bangunnya hanya untuk mematikan alarmnya dan kembali lagi tidur hahaha... gak tau deh sebutannya kebo atau apa. Tapi memang merupakan kegiatan yang agak sulit kalau menurut saya.

Bahkan saya pernah minta bantuan salah satu teman saya untuk membangunkan saya via telpon. Tapi tetap saja tidak berhasil, padahal teman saya sudah menelpon saya hingga 15 kali lebih hahaha

Semua keinginan saya mengenai bangun di pagi hari hanya sebuah wacana saja, dan tidak pernah berhasil untuk dilaksanakan.3 (tiga) alarm di kosan dan sebuah telpon dari teman saja tidak mempan. Mungkin kalau ada gempa bumi atau Thor dan Hulk berantem di kosan, saya tidak akan dengar dan tetap asik untuk tidur menikmati mimpi basah indah saya. Tapi akhirnya saya mengetahui penyebab saya tidak dapat bangun di pagi hari.

Selain sebuah niat, do it nya pun harus ada. Saya memang berniat untuk bangun pagi, namun setiap harinya saya baru mulai tidur jam 1 hingga 2 dini hari. Lalu saya berharap dapat bangun pagi? Ya pantes susah hahaha..... Mungkin ada beberapa orang yang dapat bangun pagi walaupun mereka tidur dini hari.

Tapi untuk lebih mendukung kegiatan bangun pagi, ada baiknya tidur dibawah jam 11 malam. Setelah mengetahui penyebanya, saya mencoba untuk tidur dibawah jam 11 12 malam, dan saya berhasil bangun pagi hari. Tapi itu saya lakukan tdak konsisten. Karena begitu banyak godaan saat menjelang jam tersebut.

Setiap ingin tidur banyak godaan seperti ada teman yang mengajak bermain game ataupun mengajak bermain futsal atau bulutangkis atau sekedar minta ditemenin tidur ngobrol. Jadi tidur cepat juga merupakan salah satu kegiatan yang sulit dijalani setelah kegiatan bangun pagi hahaha.... Tapi setidaknya saya jadi mengetahui apa sih penyebab saya tidak dapat bangun di pagi hari dan tidak dapat tidur cepat di malam hari.

Kesimpulannya, saya hanya perlu mengurangi kegiatan saat sudah memasuki waktu tidur, agar saya bisa tidur cepat dan dapat bangun di pagi harinya. Untuk sebuah kalimat, hal tersebut sangat mudah diketik dan mudah diucapkan dimulut dan diniatkan di dalam hati.

Tapi nyatanya, untuk pengerjaannya itu agak susah, butuh perjuangan agar bisa melakaukannya ((lebay)). Jadi buat kamu yang tidak dapat bangun pagi, mungkin bisa dengan megurangi begadang atau bahkan tidak perlu begadang.

Atau kamu memiliki hal lain yang menggangu waktu tidur kamu. Jadi kamu bisa langsung mengatasi gangguan tersebut. Mungkin yang terpenting itu kamu sudah mengetahui penyebabnya, sehingga kamu mudah mengatasinya.

Jadi apabila ada tugas kantor atau tugas kampus yang harus diselesaikan, jangan dipaksa dikerjakan hingga dini hari.

Tapi kamu bisa mengerjakannya esok pagi. Karena, bila kamu dapat tidur cepat dan dapat bangun pagi, waktu kamu di pagi hari lebih banyak dan dapat digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas Negara tersebut. Selain itu, mengerjakan hal-hal tersebut di pagi hari sangat menyenangkan, karena pikiran kita masih fresh untuk melamun jorok memikirkan ide-ide baru hahaha.....

Mungkin kamu berpikir, saya ini sotoy banget hahaha.... karena saya sendiri saja susah tidur cepat dan susah bangun pagi. Maka dari itu, saran di atas bukan hanya utnuk kamu yang susah tidur cepat dan susah bangun pagi, tapi juga untuk mengingatkan saya. Jadi kita sama-sama berusaha, agar niat bangun pagi tidak hanya menjadi sebuah wacan saja ya hahaha.....

Jadi apakah kamu termasuk yang susah bangun pagi? :D

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search