Selasa, 18 Januari 2022

Arkademi Jadi Pilihan Tepat Untuk Kursus Online Bahasa Inggris

Arkademi Jadi Pilihan Tepat Untuk Kursus Online Bahasa Inggris

Arkademi


“Dek, aku mau belajar Bahasa Inggris deh. Kosa kataku kurang banget. Jadi kadang tuh tidak terlalu mengerti apa yang disampaikan lawan bicara, jika kata yang diucap tidak kupahami.”


Kurang lebih seperti itulah aku mengadu kepada istriku, mengenai kebodohanku dalam Bahasa Inggris. Sebenarnya, bukan sama sekali tidak mengerti. Karena masih ada beberapa kosakata yang dapat aku pahami. Hanya saja, jika kata yang diucapkan tidak ada di folder penyimpanan otakku, maka runyam sudah pengertian dari kalimat tersebut.


Kebetulan ini terjadi ketika aku mengikuti sebuah webminar, di mana baik pembawa acara maupun pemberi materi, berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Pada momen tertentu aku paham apa yang disampaikan, namun pada momen tertentu pula, aku bingung apa yang dikatakan. Belum lagi, jika tempo berbicaranya seakan ingin menyaingi kecepatan dari rapper ternama, Eminem. Habis sudah aku, ingin menyerah, tetapi seakan lemah. Jadi harus lanjut dan berusaha keras mengikutinya.


Setelah mendengar keluhanku, sebagai pendamping hidup yang selalu mengerti dan memahami, istriku pun berupaya mencari informasi tempat belajar Bahasa Inggris. Tujuannya apa? Agar aku bisa terbang, eh apa sih ngaco, Ya supaya meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrisku.


“Mas mau tempat belajar yang gimana?,” tanya istriku.


“Hmm, apa ya aku juga belum tahu nih. Setidaknya bisa melatih reading, writing, listening dan speaking dek. Semua deh pokoknya dek yang masih berhubungan sama Bahasa Inggris” jawabku bingung.


Harus kuakui, momen mencari tempat belajar yang tepat memang kerap sulit dilakukan. Bukannya tidak tersedia. Malah saat ini sudah bertebaran di dunia maya. Hal tersebut yang membuatku bingung dan harus teliti dalam menentukannya. Agar setidaknya, pencarianku tidak sia-sia.


Hingga suatu ketika aku menemukannya. Apa itu? Mari simak ulasanku mengenai tempat belajar Bahasa Inggris yang mumpuni, harga terjangkau dan berkualitas pastinya. Semoga apa yang kusampaikan ini, dapat menjadi referensi atau alternatif bagi kalian yang memiliki masalah sepertiku.


Pentingnya Bahasa Inggris


Arkademi


Sebelumnya mari bahas sedikit, mengenai pentingnya Bahasa Inggris. Sebenarnya, memang bukan sebuah keharusan dapat fasih dalam Bahasa Inggris. Namun di era sekarang, keahlihan tersebut patut dimiliki. Bukan karena tidak cinta Bahasa Indonesia, tetapi dalam dunia bekerja, itu sangat diperlukan. Bahkan ada beberapa perusahaan yang secara gamblang, menjelaskan klasifikasi di lowongan pekerjaannya, dengan mencatumkan keharusan calon pelamar ini fluent atau fasih dalam berbahasa Inggris.


Mungkin sebagian orang telah mengetahuinya, bahwa menguasai bahasa asing, selalu menjadi poin lebih ketika kita melamar pekerjaan.  Hanya saja, semua itu kembali lagi kepada jenis pekerjaan yang ingin dituju. Tetapi jika ingin memiliki jenjang karir yang cukup baik, setidaknya pasti perusahaan besar yang akan kalian tempati bukan? Dan rata-rata perusahaan besar tersebut, akan memberikan nilai lebih kepada karyawannya yang bisa menguasai bahasa asing, seperti Bahasa Inggris dan lainnya.


“Tapi nji, selain untuk menunjang karir kita menjadi lebih baik, apalagi hal yang membuat Bahasa Inggris itu penting?"


Sebenarnya banyak tolak ukur yang membuat Bahasa Inggris itu menjadi sangat penting, khususnya untuk diriku sendiri. Tetapi satu hal yang pasti, bahasa ini sudah menjadi bahasa internasional. Aku sempat membacanya di salah satu media online nasional, yakni detikcom.


Bahwa beberapa negara menjadikannya sebagai bahasa yang sering digunakan, seperti di Amerika Serikat, Britinia Raya, Kanada, Australia, Irlandia, New Zealand dan negara di Kepulauan Laut Karibia. Bahkan di India, Filipina, Singapura dan negara-negara di sub-Sahara Afrika, termasuk Afrika Selatan, Inggris menjadi bahasa resmi mereka.


Alasan Sederhana Ingin Menguasai Bahasa Inggris


Arkademi
Sumber: Freepik Premium


Stand Up Comedy, menjadi sebuah pertunjukkan yang sangat aku sukai. Melihat kecerdasan para komika dalam menyuguhkan sebuah cerita, menurutku sungguh sangat luar biasa menghibur. Meskipun ada beberapa orang yang tidak bisa menerima konsep komedi yang dibawakan. Tetapi ketika sudah mengetahui polanya, maka itu akan sangat lucu sekali.


Salah satu yang jadi idolaku adalah Pandji Pragiwaksono. Ia mampu membuat sebuah materi yang tidak hanya menghibur, tetapi juga dapat mengedukasi sekaligus menginspirasi. Lalu apa kaitannya dengan alasanku belajar Bahasa Inggris?


Setelah melihat beragam penampilan komika di Indonesia, rasa penasaranku pun muncul untuk mengetahui kualitas dari para komedian di luar Tanah Air. Dua di antaranya yakni Chris Rock dan Kevin Hart. Chris Rock sendiri menjadi salah satu komika favorit Pandji Pragiwaksono. Oleh sebab itu, aku ingin menonton penampilan seorang komedian yang menjadi favorit dari komika idolaku. Sedangkan Kevin Hart, aku menyukai cara dia menyampaikan materi. Gestur tubuhnya saja, kadang sudah membuatku tertawa. Sekarang saja aku menulis ini sambil tertawa, karena teringat gerakannya.


Namun kendala terbesarnya ialah setiap mereka tampil selalu menggunakan Bahasa Inggris. Nah kemampuanku masih minim, dalam hal mendengarkan apa yang disampaikan oleh orang lain, saat menggunakan bahasa asing tersebut. Maka dari itu, aku ingin menguasai bahasa internasional itu, agar dapat menikmati penampilan dari Chris Rock dan Kevin Hart dengan nyaman.


Aku sudah mencoba belajar sendiri dengan berbagai cara, seperti melatih membaca berita dari media luar negeri, mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris hingga bermain game Role Playing Game (RPG), di mana memiliki narasi atau jalan cerita  memakai Bahasa Inggris di dalamnya. Harapannya sih agar dapat menguasai Bahasa Inggris secara otodidak.


Sayangnya, aku tidak memiliki acuan apa saja tahapan yang harus dilakukan, agar proses belajar menjadi lebih cepat. Aku pun memutuskan untuk mencari tempat belajar berkualitas, dengan harga terjangkau pastinya. Hingga akhirnya, dipertemukanlah diriku dengan Arkademi. Apakah itu?


Silahkan disimak ulasanku ini, berdasarkan pengalamaku menggunakan aplikasi mobile dan penelusuran di situs resmi arkademi.com. Semoga dapat memberikan referensi bagi kalian ya. Jangan lupa membacanya sambil duduk dan ditemani camilan ringan, agar proses membaca menjadi lebih menyenangkan. 


Mengenal Arkademi, Platform Kursus Online


Akademi Platfrom Kursus Online


Sebelumnya mari mengetahui apa itu Arkademi dan bagaimana mereka berperan dalam menumbuhkan para pekerja profesional di Tanah Air. Aku sempat mencari tahu sedikit latar belakang mereka. Mulai dari hulu ke hilir, aku mulai menyelam dan semakin tenggelam akan informasi yang kuperoleh.


Banyak beragam kabar positif dan bermanfaat tentang Arkademi. Mereka digadang-gadang, menjadi aplikasi kursus online bersertifikat  nomor satu di Indonesia. Jika kalian sempat mengunjungi situs resmi arkademi.com, maka akan menemukan misi yang telah dicanangkan sejak paltform ini berdiri pada tahun 2017.


Singkat, padat dan jelas, tiga kata yang cukup menggambarkannya. Karena misinya, yakni membantu 130 juta tenaga kerja di Indonesia, untuk meningkatkan keterampilan dan mendapatkan sertifikasi profesional.


Rasa penasaranku pun tidak berhenti di situ saja. Ternyata Arkademi juga ikut mendukung Kartu Prakerja yang diselenggarakan Pemerintah Republik Indonesia. Dengan menyediakan kursus-kursus online bersertifikasi profesi. Bahkan diketahui, telah melayani lebih dari 259 ribu peserta pelatihan Kartu Prakerja dari seluruh Indonesia.


Jika kalian bertanya terkait, “Memang apa saja nji,  kursus online berkualitas yang mereka sajikan?” Jawabannya berhubungan dengan alasan mengapa Arkademi menjadi tempat kursus online terbaik. Meskipun tidak terlalu spesifik, aku akan menjelaskannya berdasarkan pengalamanku menelusurinya. Semoga penemuanku ini, membantu menjawab kegelisahan dan rasa ingin tahun kalian yang tinggi tersebut.


5 Alasan Arkademi Menjadi Tempat Kursus Online Tebaik


Arkademi Kursus Online Terbaik


Setidaknya aku sudah menyiapkan lima alasan, mengapa Arkademi ini menjadi tempat #KursusOnline terbaik. Mungkin ini dapat menjadi acuan kalian, bila masih bingung ingin mencoba daftar kelasnya. 


1. Terpercaya


Pertama-tama hal terpenting yang ingin  aku sampaikan, yakni terpercaya. Bagaimana tidak, Arkademi menjadi platform kursus online, di mana sudah terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia. Mereka juga menjadi penyelenggara resmi, dari Program Kartu Prakerja oleh Pemerintah.


Lalu sepak terjangnya sudah diliput oleh berbagai media besar, mulai dari detikcom, Kompas, Tech in Asia, DailySocial, Koran Sindo, Media Indonesia dan masih banyak lagi. Bahkan sempat menyabet gelar sebagai Top Adult Learning App in Indonesia oleh DailySocial dan termasuk dalam 50 SEA Next Big Thing Ed-Tech Start Up oleh Tech in Asia.


2. Harganya Terjangkau


Aku termasuk orang yang berupaya cukup keras, mencari harga termurah dengan kualitas terbaik, apapun itu hehehe. Maklum aku anaknya masuk tim mendang-mending. Mending beli yang murah, mending ini mending itu dan mending lainnya. Nah kebetulan, Arkademi sendiri, menawarkan harga kursus yang menurutku cukup terjangkau.


Dibanderol mulai dari ratusan Rupiah saja. Sebagai pengguna, aku bisa memilih kelas sesuai dengan keinginan dan dana yang kupunya. Sebagai contoh, jika aku ingin memilih #KursusOnline Bahasa Inggris, setidaknya mereka telah menyiapkan berbagai macam jenis kelas seperti Mempelajari Tenses untuk Penerjemah dengan harga Rp249 ribu. Lalu Melakukan Percakapan Bahasa Inggris dengan Metode Smart Brain senilai Rp299 ribu atau Menguasai Percakapan Bahasa Inggris Sehari-hari dengan Mudah seharga Rp270 ribu.


3. Kelas yang Beragam


Ini menjadi nilai lebih yang sangat aku sukai. Gini lho, tadinya niat awal itu mencari tempat belajar Belajar Inggris. Tetapi setelah menelusuri lebih dalam, Arkademi ini menawarkan pilihan yang lebih beragam. Oke mari kuuraikan agar lebih mudah kalian pahami.


Jadi ketika masuk ke situs resmi arkademi.com, aku langsung disuguhkan oleh berbagai macam kelas online. Hanya saja itu bukan halaman utama yang menyajikan keseluruhannya. Nah, rasa penasaranku pun berlabuh kepada menu Kelas yang ada di bagian atas, di mana letaknya sederet dengan top menu lainnya.


Ketika aku klik, beragam kelas pun telah tersaji sesuai dengan kategori. Kelas Bahasa yang disuguhkan saja, tidak hanya menyediakan kursus Bahasa Inggris, tetapi termasuk bahasa asing lainnya, mulai dari Arab, Jepang, Korea, Mandarin atau Turki. Lalu juga ada kelas khusus Bisnis, Hobi, Kartu Prakerja, Keuangan, Korporat, Pengembangan Karier, Sertifikasi dan Teknologi. Gimana, banyak banget kan?


4. Memiliki Pengajar Berkualitas


Sebagai bentuk upaya mereka memberikan keyakinan kepada pengguna terkait kualitas, Arkademi didukung penuh oleh profil individu yang sangat berkompeten. Latar belakang yang dimiliki sangat kuat, baik dari sisi teknologi, bisnis, pengembangan sumber daya manusia dan manajemen.


Beberapa dewan penasehat yang dimilikinya, di antaranya ada Pepih Nugraha,  Founder & Ex-COO Kompasiana, CO-Founder & Ex-COO Selasar, Founder Pepnews. Lalu Alfian Pamungkas, Founder dan CEO IDCloudhost, CEO Siber Sekurindo Teknologi. Selanjutnya Triatmoko NJ, Founder & CEO Atmos Performa, Professional HR consultant dan terakhir Yudi Sudarmaji, Founder & CEO Mipacko, Founder & CEO Finata, Taxpreneur.


5. Punya Arkademi Mobile Apps


Kelebihan lainnya, Arkademi memiliki aplikasi mobile untuk mempermudah pengguna, belajar di mana dan kapan saja. Sepertinya mereka amat mengerti kebutuhan masyarakat saat ini, bahwa penggunaan handphone sudah semakin populer. Sehingga mereka memberikan pengalaman belajar lebih intens dan berkualitas melalui perangkat seluler tersebut.


Arkademi Mobile Apps ini, tersedia di Google Play Store. Untuk para pengguna perangkat iOS, masih harus bersabar terlebih dahulu. Karena sepertinya mereka masih mengembangkan, agar nantinya juga tersedia di App Store. Sementara berdasarkan informasi di situs resmi masih coming soon.


Nah aku ingin menceritakan pengalamanku menggunakan Arkademi Mobile Apps. Apa saja yang mereka sajikan di dalamnya, bagaimana cara menggunakannya, apa keuntungannya dan masih banyak lagi. Yuk simak teman-teman.


Arkademi Mobile Apps


Arkademi Mobile Apps


Jika kutengok dari Google Play Store, Arkademi Mobile Apps sudah dirilis sejak tahun 2019.  Hingga saat ini, tercatat berhasil mengumpulkan lebih dari dari 100 ribu unduhan. Rating yang didapatkan sangat baik, karena berhasil memperoleh 4,5/5 bintang, dari 13 ribu ulasan termasuk dariku yang memberikan lima bintang. *kedipmanja

Langkah-Langkah Menggunakan Arkademi Mobile Apps


1. Unduh Arkademi Mobile Apps


Pertama-tama sudah pasti kalian harus mengunduhnya terlebih dahulu. Caranya mudah, cukup ketik kata Arkademi di kolom pencarian di Google Play Store dan klik Install. Tidak perlu khawatir, ukuran file tidak besar sama sekali, hanya memakan ruang penyimpanan internal handphone kalian sebesar 22 MB saja. Sangat ringan dan storage handphone masih lapang.


2. Registrasi Akun


Setelah selesai mengunduhnya, selanjutnya buka aplikasi Arkademi. Pada momen ini, kalian akan disuguhkan oleh tampilan awal, di  mana bagi pengguna  yang sudah terdaftar bisa langsung memasukkan email atau username dan password. Jika kalian pengguna baru sepertiku, maka bisa mendaftar terlebih dahulu, menggunakan Facebook atau Gmail.


Bisa juga dengan klik menu Daftar di samping menu Masuk. Lalu isi kolom tersedia mulai dari Nama Lengkap, Email dan Password yang ingin digunakan. Lanjut klik Daftar. Sebagai catatan, pastikan kalian mengisi sesuai dengan data KTP ya, jangan nama samaran atau nama gebetan, apalagi nama selingkuhan, jangan ya.


3. Pendaftaran Selesai dan Selamat Dinikmati


Setelah dua langkah di atas telah selesai,  maka kalian sudah bisa menggunakan Arkademi Mobile Apps. Lalu bisa menjelajahi setiap kelas dan fitur yang ditawarkan. Selamat mencoba.


Pengalaman Menggunakan Arkademi Mobile Apps


Arkademi Mobile Apps


Selama menggunakan aplikasi ini, aku belum pernah menemukan kendala yang berarti. Dari segi kemudahan mendaftar, sudah tidak diragukan lagi. Hanya perlu melakukan beberapa langkah di atas, sudah dapat menikmati Arkademi Mobile Apps. Untuk tampilannya sendiri terlihat cukup berwarna.


Meskipun backgorund yang disisipkan berwarna putih, hanya saja warna biru sepertinya menjadi warna utama dari Arkademi. Mulai dari tombol harga, desain banner untuk setiap kelas atau thumbnail artikel blog yang dipakai, menggunakan warna biru agak tua untuk menghiasinya.


Adapun warna oranye yang disajikan pada halaman utama, sebagai pembeda dan penarik perhatian ketika masuk ke dalam aplikasi. Warna tersebut diusung oleh visual untuk menampilkan GAMEE by Arkademi. Di mana isinya terkait K3 atau biasa dikenal sebagai Keselamatan dan Kesehatan Kerja.


Pada halaman utama, terdapat lima menu utama seperti Home, Directory, Kelas Saya, Notifikasi dan Profil. Masing-masing pastinya memiliki manfaat yang berbeda-beda.


Halaman Utama Arkademi Mobile Apps


1. Home


Menampilkan halaman utama atau ringkasan dari beragam kelas yang ditawarkan, termasuk informasi mini course gratis yang bisa diikuti. Oya, hampir lupa ada juga informasi penting mengenai Kupon Kartu Prakerja, Panduan Pelatihan Prakerja dan Melacak Sertifikat Prakerja.


2. Directory


Fungsinya untuk mencari seluruh kelas yang tersedia. Pengguna sendiri dapat memilih dari berbagai topik, di antaranya Keuangan, Kewirausahaan, Pemasaran, Prakerja, Jurnalistik, Digital Marketing, Teknologi, Pengembangan Diri dan Korporat.


3. Kelas Saya


Pada bagian ini, berisi semua kelas yang telah dan sedang kalian ikuti. Terdapat tiga menu untuk mengkonfirmasi hal tersebut. Pada menu semua, berarti terkait semua kelas yang diambil. Menu Aktif, untuk memberikan informasi kelas yang masih dijalani dan menu Selesai memberitahukan kelas yang telah selesai kalian lakoni.


4. Notifikasi


Berguna sebagai wadah atau tempat menerima segala informasi yang berhubungan dengan kelas Arkademi.


5. Profil


Sedangkan menu Profil untuk menyediakan segala informasi yang berhubungan dengan data diri kalian. Di sini para penggunan dapat mengganti nama akun,  melihat kelas yang diikuti, memeriksa nilai kuis, memantau aktivitas  dan memastikan sertifikat yang kalian miliki.


Kursus Online Gratis dari Arkademi


Jadi ketika pertama kali aku masuk ke dalam aplikasi, langsung disuguhkan sebuah pop up bertajuk Mini Course. Hal menariknya, ini tidak disajikan oleh Arkademi dalam bentuk kuis semata, tapi dibalut dengan permainan sederhana yang sangat menghibur. Karena aku merupakan orang yang sangat menyukai video game. Maka tanpa pikir panjang, langsung kucoba.


Dan ternyata benar saja, ini tuh sangat menghibur sekali. Tema yang diangkat, yaitu Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Di bagian lobby, visual yang ditawarkan cukup sederhana. Hanya menampilkan dua karakter wanita dan pria yang bisa kugunakan di dalam game.


Pilihan menunya sendiri hanya ada dua, yakni Mulai dan Pilih Stage. Karena aku orangnya menyukai tantangan, jelas aku mulai dari awal. Sebelum masuk ke dalam permainan utama, aku mengisi nama dan jenis kelamin. Lalu setelah menekan OK, aku dibawa ke dalam petualangan karakter ketika sedang bekerja.


1. Video Game K3


Arkademi


Dikisahkan karakter ini menemukan banyak kejanggalan dan ketidaksesuain pada kantor tempat dia bekerja. Tidak hanya satu, tetapi ada beragam kesalahan, mulai dari tidak adanya keterangan antara toilet wanita dan pria, tidak adanya APAR dan simbol lainnya.


Cara bermainnya sangat mudah. Kita hanya perlu menemukan simbol yang seharusnya ada, tetapi tidak ada dalam permainan. Setidaknya Arkademi menawarkan tiga stage, dengan menyisipkan waktu di setiap misinya.


Aku sendiri cukup bodoh dalam pengetahuan K3, dari tiga stage tersebut, waktu kumenyelesaikannya cukup lama di atas tiga menit. Hanya saja, berkat game ini aku jadi mengetahui informasi penting terkait K3. Dari yang tidak tahu apa-apa, menjadi sedikit lebih tahu dari sebelumnya. Aku cukup merasa senang dengan hasil ini.


2. Pelajaran Tentang Hutang


Arkademi


Selain itu, ada tiga kursus lainnya yang bisa dinikmati secara gratis. Pertama informasi mengenai Mengelola Utang untuk Mengendalikan Bisnis, Memahami Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Perkantoran, terakhir Mengenal AutoCAD untuk Pemula.


Selain video game K3, aku juga sangat menyukai kursus pengelolaan utang. Aku harus mengakui, bahwa secara pribadi tidak suka dengan kegiatan berutang. Tetapi setelah mengikuti mini course selama lima menit ini, aku mengetahui tenyata ada utang yang bisa menambah penghasilan.


Jadi menurut penjelasan di dalam kursus, bahwa utang dibagi menjadi dua, konsumtif dan produktif. Untuk utang konsumtif, digunakan sebagai pembelian barang yang dikonsumsi atau digunakan, di mana artinya nilai tersebut cenderung akan turun. Jadi kita tidak mendapatkan manfaat lain, seperti menambah pemasukan.


Berbeda jika memilih utang produktif. Sesuai dengan namanya, ini ditujukan untuk membeli aset, yang nilainya cenderung bisa meningkat dan menambah penghasilan. Sebenarnya ini informasi mendasar, tetapi aku belum tahu penyebutan yang tepat dari keduanya.


Hal yang membuatku sangat senang ketika mengikuti mini course, yaitu tim Arkademi membuatnya seolah sebuah cerita, dengan memberikan contoh kasusnya. Mereka menyisipkan sebuah contoh kasus, dibalut beberapa pertanyaan untuk berinteraksi dengan kita. Pada akhir kursus, mereka tutup dengan sebuah tips.


Menurutku ini sangat bermanfaat bagiku secara pribadi. Pikiranku menjadi lebih terbuka, sudut pandangku terkait utang menjadi lebih luas. Setidaknya harus tahu dan menentukan, utang yang kita miliki termasuk kategori konsumtif atau produktif.


3. Simulasi TES CPNS


Selain Mini Course gratis, Arkademi juga menyuguhkan sebuah simulasi tes CPNS yang dibagikan secara cuma-cuma. Aku bisa langsung menemukannya pada halaman utama, mulai dari Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Psikotes TNI/POLRI dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) TNI/POLRI.


Ini menjadi pengetahuan baru bagiku untuk kesekian kalinya. Aku belum pernah mengikut ujian CPNS, tetapi di sini aku bisa mengetahuinya, meskipun ini hanya sebuah simulasi saja. Menurutku tim Arkademi cukup detial menawarkannya. Ambil contoh dari KSD, di mana ada tiga tahapan ujian bisa diikuti.


Ada Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Masing-masing memiliki dua ujian dengan waktu berbeda beda mulai dari 10 hingga 25 menit.


Pembayaran Mudah dan Tersedia di Marketplace


Tadinya aku tidak percaya apa yang kulihat, tetapi dari pengalaman menelusuri Arkademi Mobile Apps, ternyata setiap kelas juga tersedia di beberapa marketplace. Aku pun memastikannya dengan mengunjungi langsung situs resmi mereka. Dan benar adanya, untuk business partners, mereka bekerja sama dengan Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Blibli, Mau Belajar Apa, Pintaria, sekolah.mu dan Pijar.


Untuk metode pembayarannya sendiri sudah diberikan alternatif bagi para penggunanya. Metode pembayaran bisa dilakukan melalui midtrans, mandiri, BCA, Gopay, ATM Bersama, Prima dan Alto. Begitu banyak pilihan, sehingga aku merasa tidak bingung harus menggunakan Bank tertentu ketika akan membeli suatu kelas khusus yang kuinginkan.


Oya, jika kalian memiliki kupon, bisa banget lho digunakan. Jadinya nanti bisa dapat potongan harga yang cukup mengamankan keuangan kalian. Ditambah ada diskon kode unik dari Arkademi, jadi bisa lebih murah. Untuk konfirmasi pembayaran sendiri hanya perlu mengisi nama sesuai KTP dan memasukkan nomor handphone atau Whatsapp.


Kelas Online Arkademi


Untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan ketika memilih kursus yang akan diambil, aku menemukan deskripsi sangat lengkap dari setiap kelas. Jadi sebelum gabung ke dalamnya, kita dapat mengetahui tujuan umum dari kelas ini, aspek kompetensi yang didapatkan, lalu juga tersedia keterangan sesi konsultasi dan masih banyak lagi.


Jujur ini membuatku cukup tenang. Karena tidak perlu khawatir mengenai isi materi di dalamnya. Untuk setiap kelas sendiri memiliki fitur berbeda-beda, baik dari segi sesi pertemuan, jumlah kuis, durasi diselenggarakannya dan estimasi penyelesaiannya. Jadi sudah terpampang secara gamblang dan jelas mengenai manfaat dari setiap kelas yang akan diikuti.


Sebagai contoh, kelas Mempelajari Tenses untuk Penerjemah. Di sini sudah diuraikan dengan jelas, mulai dari keterangan kelas untuk pemula, dengan 20 seri dan lima kuis. Lalu Ada lencana dan sertifkat kelas, total 90 hari durasi kelas dan 9 jam estimasi penyelesaiannya. Nah sebelum memilih kursus, kita bisa melihat rating yang didapatkan dan jumlah pengguna yang memberikan ulasan.


Sehingga ini bisa menjadi tolak ukur kita, sebelum akhirnya memutuskan memilih kelas tersebut. Nah untuk detail materinya bisa dilihat pada menu Kurikulum. Pokoknya lengkap banget deh informasi yang disajikan oleh Arkademi.


Nah beruntungnya bagi kalian yang tergabung dalam program pemerintah Kartu Prakerja. Karena Arkademi memberikan hak khusus, di mana para pengguna bisa menggunakan kupon Prakerja untuk mengambil kelas di #Arkademi. Caranya sangat mudah, untuk lebih jelasnya bisa klik pada tautan berikut: Video Pakai Kupon Prakerja di Akademi.


Kesimpulan


Arkademi


Oke izinkan diriku yang sebelumnya tidak tahu apa-apa soal #Arkademi, membagikan kesimpulan dari pengalamanku menggunakan Arkademi Mobile Apps. Setidaknya sedikit pengalamanku bisa berguna bagi kalian. Pertama-tama hal yang ingin aku soroti ialah kelengkapan segala materi yang ditawarkan.


Hanya saja, aku tidak menemukan menu kelas Bahasa di aplikasi mobile. Karena jika kutengok pada situs resmi arkademi.com, terdapat pilihan kelas Bahasa dan berisi beragam jenis bahasa. Tetapi secara keseluruhan aku menyukainya. Karena informasi yang disampaikan terkait seluruh kelas, dibuat dengan sangat detail. Kita juga bisa melihat para pengguna yang memberikan ulasan dari setiap kelas. Ini menjadi alat bantuku mengukur kualitas setiap kursus.


Pemilihan warna untuk visual di dalam aplikasi cukup nyaman dipandang. Background putih menjadikannya lebih minimalis, dengan perpaduan warna dasar biru tua dari Arkademi. Nilai lebih ketika masuk ke dalamnya, langsung disodorkan Mini Course gratis.


Itu menjadi fitur paling kusuka, karena mereka menyajikannya dengan cara berbeda. Merubah sudut pandang bermain video game dengan stigma cukup buruk, menjadi lebih bermanfaat. Karena melalui permainan tersebut, aku mendapatkan pengetahaun terbaru terkait K3. Desain visualnya pun cukup menarik dan pemilihan latar tempatnya juga sesuai, ditambah jalan cerita awal yang menurutku dapat membawa pemain lebih menikmati permainan.


Lalu Mini Course gratisnya tidak hanya itu saja, tapi masih ada tiga lainnya seperti Mengelola Utang untuk Mengendalikan Bisnis, Memahami Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Perkantoran serta Mengenal AutoCAD untuk Pemula.


Untuk pembayaran sendiri, pengguna tidak perlu khawatir karena tersedia beragam metode. Sudah kujelaskan sebelumnya, mungkin kalian bisa kembali scroll ke atas. Oya satu lagi, seluruh kelas yang ada di Arkademi, ternyata juga tersedia di marketplace ternama di Indonesia.


Kalau kata mereka, “Perjalanan kariermu tak hanya mengalir begitu saja. Tapi kamulah yang mengendalikan seluruhnya.”


Akupun setuju dengan pernyataan tersebut. Jadi semua pilihan ditangan kalian. Kalian berhak menentukan, apakah ingin maju bergerak mengembangkan karier atau hanya jalan di tempat saja. Tetepi jika ada pilihan yang lebih baik, kenapa harus memilih yang kurang baik?


Kembangkan kariermu dengan mempertajam keahlian yang ada dalam dirimu. Caranya bisa secara otodidak maupun berbayar dilatih oleh para ahli. Nah jika bingung mencari tempat belajar online berbayar atau #KursusSertifikasi yang berkualitas, kalian sudah tahu kan jawabannya?



Iya benar sekali, Arkademi.


“Online-kan kursus anda dan ciptakan penghasilan tak terbatas,” tulis Arkademi. Kalau bisa mulai dari sekarang, kenapa harus menunda hingga orang lain sukses duluan. Yuk semangat berkembang dan bergerak maju semuanya.


Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search