Gas Bumi, Sumber Energi Paling Baik.


Nusantara, merupakan nama lain yang sering digunakan untuk Negara tercinta ini. Ya, seperti yang kita tahu, Negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulau mencapai 17.504 pulau. Dengan berbagai macam suku dan budayanya, memiliki jumlah populasi lebih dari 260 juta jiwa. Kekayaan dan keindahan yang dimiliki Indonesia merupakan harta karun yang sangat berharga yang dimiliki bangsa ini dan membuat kita sebagai penduduknya merasa nyaman untuk menghuninya. Bahkan salah satu musisi pun pernah berkata dalam syair lagunya, bahwa tanah kita (Indonesia) tanah surga, tongkat kayu dan batu pun bisa jadi tanaman. Itu sudah cukup menggambarkan betapa kaya dan indahnya bangsa ini. Selain populasi yang padat dan luas, Indonesia memiliki wilayah alam yang mendukung tingkat keanekaragaman hayatinya.


Indonesia merupakan Negara besar yang memiliki banyak potensi yang dapat membuatnya maju. Tidak hanya dengan memiliki sumber daya manusia (SDM), tetapi Indonesia juga memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Sehingga bisa dikatakan bahwa Indonesia berpotensi menjadi Negara maju, bila kita dapat dengan baik memberdayakannya. Inget ya “kita”, jadi jangan hanya mengandalkan pemerintah saja untuk memberdayakannya, tapi kita harus turut peran serta di dalamnya. Bila membahas sumber daya alam yang ada di Indonesia, maka akan banyak sekali sumber daya alam yang dapat kita temui. Beberapa sumber daya alam yang dimiliki Indonesia antara lain adalah tambang emas, batu bara, minyak bumi, gas alam dan masih banyak lagi.


Salah satu sumber daya alam yang sangat penting dan berguna adalah Gas bumi. Namun masih sedikit masyarakat yang belum mengetahui betapa pentingnya sumber energi ini. Padahal potensi gas bumi Indonesia lebih besar dari minyak mentah. Yap, gas alam atau sering disebut juga dengan gas bumi atau gas rawa, adalah bahan bakar fosil berbentuk gas yang terdiri dari metana CH4. Gas alam ini biasa ditemukan di ladang minyak, ladang gas bumi dan juga tambang batu bara. Untuk metode penyimpanan gas alam dilakukan dengan “Natural Gas Underground Storage”, yakni penyimpanannya dilakukan di bawah tanah. Seperti halnya minyak mentah dan batu bara, gas alam merupakan bahan bakar yang berasal dari fosil dari sisa-sisa tanaman, hewan, dan mikroorganisme yang tersimpan di bawah tanah selama jutaan tahun.


Membumikan sendiri memiliki beberapa makna seperti menanam atau menyimpan dalam tanah. Dalam arti lain disebutkan membumikan di sini yaitu memasyarakatkan. Jadi membumikan gas bumi adalah memasyarakatkan yang dalam arti membuat masyarakat sadar akan pentingnya menggunakan gas bumi. Karena gas bumi merupakan sumber energi paling bersih, aman dan paling berguna dari semua sumber energi. Mungkin masih banyak masyarakat yang belum terlalu mengetahui kegunaan dari gas bumi itu sendiri. Saya pun demikian, sebagai seorang yang lebih banyak beraktivitas menggunakan minyak, bensin dan gas LPG di kehidupan sehari-hari. Saya baru mengetahui betapa bermanfaatnya gas bumi ini untuk kita gunakan. Walaupun belum semua, namun ternyata sudah banyak juga masyarakat yang sadar akan pentingnya gas bumi dan mulai menggunakannya, baik untuk keperluan memasak maupun untuk bahan bakar kendaraan ataupun untuk keperluan lainnya.

Pentingnya menggunakan gas bumi sudah terbukti dari pengalaman para penggunannya yang mengatakan bahwa selama menggunakan gas bumi, lebih efisien dan lebih hemat di bandingkan bensin ataupun gas LPG yang biasa mereka gunakan. Salah satunya yaitu sopir bajaj, yang meraih untung dari biasanya semenjak menggunakan Bahan Bakar Gas (BBG) dibandingkan saat ia menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM). Sehingga membuat sopir-sopir bajaj lebih banyak mendapatkan keuntungan dan meningkatkan perekonomian mereka tentunya.


Untuk keperluan memasak pun juga memberikan penghematan yang cukup signifikan. Karena biaya rata-rata untuk pembelian gas bumi hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 40.000 – Rp 50.000 saja. Sedangkan untuk penggunaan gas tabung, kamu diharuskan mengeluarkan biaya sekitar Rp 100.000 – Rp 150.000 untuk ukuran tabung LPG 12 kilogram. Dari harga tersebut sudah bisa terlihat bahwa penggunaan gas bumi untuk keperluan sehari-hari dapat menunjang masyarakat luas, mendorong perekonomian nasional.

Selain itu, dengan semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang menggunakan gas bumi, dapat meningkatkan daya saing terhadap importnya LPG di Indonesia. Karena seperti yang kita tahu, gas LPG yang banyak digunakan oleh beberapa rumah tangga itu masih impor dari luar. Jadi bila banyak masyarakat yang menggunakan gas bumi, akan mengurangi impor LPG dan membuat perekonomian Indonesia meningkat. Belum lagi harga yang ditawarkan gas bumi lebih murah dibandingkan gas tabung LPG. Karena untuk gas bumi sendiri diambil langsung dari dalam Negeri. Sehingga tidak terlalu banyak biaya tambahan didalamnya. Sedangkan untuk gas tabung LPG, harus menggunakan kapal besar untuk pengirimannya dari tempat LPG tersebut di produksi. Jadi gas bumi dijamin lebih murah dibandingkan gas tabung LPG.


Tidak hanya perumahan dan kendaraan umum saja yang sudah banyak menggunakan gas bumi. Dari sektor industri pun sudah banyak penggunanya loh. Karena mereka berpendapat dengan menggunakan gas bumi dapat menghemat biaya produksi hingga 40% besarnya. Banyaknya industri dalam Negeri yang berpindah menggunakan bahan bakar gas alasannya dikarenakan bersih, aman, efisien dan ketersediaannya pun terjamin. Jadi tidak takut dengan kelangakaan bahan bakar gas tersebut. Karena cadangan gas bumi di Indonesia diperkirakan hingga lebih dari 100 tahun. Sehingga lebih potensial dibandingkan minyak mentah dan BBM.

Dalam meningkatkan penggunaan gas bumi di Indonesia. Ternyata pemeritah sudah melakukan beberapa program kerja salah satunya seperti program “PGN Sayang Ibu” sejak tahun 2014 loh. Program ini bertujuan untuk mendorong penggunaan gas bumi di sektor rumah tangga jadi lebih cepat. Program ini juga diluncurkan dalam upaya wujud dukungan PGN pada pemerintah dalam hal mengurangi subsidi bahan bakar LPG. Program “PGN Sayang Ibu” berkelanjut pada tahun-tahun berikutnya, dengan tujuan lain pemasangan satu juta sambungan gas tumah tangga  di seluruh Indonesia untuk mempercepat penyaluran gas bumi ke rumah tangga.

Sebagai Perusahaan Gas Negara, PGN memberikan layanan terbaik kepada pelanggannya. Banyak lembaga keuangan yang sudah bekerjasama dengan PGN untuk mempermudah pembayaran terutama pelanggan rumah tangga. Karena pembayaran sendiri dapat dilakukan melalui sistem ATM, teller, transfer online maupun dari supermarket terdekat yang bekerjasama dengan PGN. Dengan penggunaan gas bumi ini, membuat Ibu-Ibu tidak perlu repot-repot mententeng gas LPG untuk keperluan masak mereka. Karena gas untuk keperluan tersebut sudah disalurkan melalui pipa gas. beroperasi, belum pernah ada laporan.

Program “PGN Sayang Ibu” diperkuat dengan tercatatnya pada bulan Februari tahun 2016, PGN telah menyalurkan gas bumi ke 3.898 rumah tangga, lima Kelurahan di Sorong, Papua, yakni kelurahan Malawili, Malawele, Mariat Pantai, Klabinain, dan Aimas. Wilayah-wilayah tersebut sudah dapat menikmati masak menggunakan bahan gas bumi yang bersih, efesien.Sehingga selama tahun 2016, PGN sudah memperluas penambahan layanan gas bumi ke pelanggan Rumah Tangga sebanyak 57.702 pelanggan rumah tangga.

Sebenarnya masih banyak lagi program yang dilakasanakan PGN guna meningkatkan penggunaan gas bumi baik untuk kendaraan umum, rumah tangga dan industri. Hal ini dilakukan karena sangat bermanfaatnya sumber energi ini dalam kehidupan sehari-hari. Seperti  yang sudah dijelaskan sebelumnya, dari apa yang sudah dibahas, penggunaan gas bumi lebih baik dari semua sumber energy. Karena terbukti baik, aman, efisien dan ketersediaannya terjamin. Lalu dengan penggunaan gas bumi, dapat meningkatkan ekonomi Negara dan ekonomi masyarakat Indonesia. Hal tersebut dikearenakan mengurangi LPG impor sehingga pemerintah tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk impor LPG, dan masyarakat bisa lebih berhemat karena harga gas bumi lebih murah dari gas LPG. Sehingga membuat pengeluaran mengecil dan menambahkan pemasukan.

Diharapkan dengan semakin taunya keberadaan gas bumi dan semakin mengertinya masyarakat terhadap manfaat gas bumi. Membuat banyak masyarakat yang berpindah dan menggunakan gas bumi tersebut. Semoga seluruh penduduk Indonesia dari Sabang hingga Marauke dengan berbagai suku, bangsa, bahasa dan budaya ini bijak dalam menggunakan bahan bakar. Karena  gas bumi yang telah diproduksi oleh PGN, merupakan energi baik yang hadir untuk Negeri. Yuk, beralih menggunakan gas bumi dengan banyak manfaat yang bisa kita dapatkan.


Diolah dari : Wikipedia.org, okezone.com, beritasatu.com, republika.co.id
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © panji | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com