7 Hal Bermanfaat Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Insomnia

Tidur merupakan kebutuhan untuk semua orang. Tidur normal untuk manusia khususnya usia 18 - 25 tahun adalah 7 - 9 jam perhari. Namun setiap orang memiliki waktu tidur yang berbeda-beda. Salah satu penyebab waktu tidur setiap orang berbeda-beda yaitu karena memang banyaknya kegiatan  yang mengharuskan mereka untuk begadang, alasan lainnya yaitu karena batas mengantuk seseorang. Ada yang tidur malam lebih awal yaitu 21:00 atau 22:00, karena pada saat pukul tersebut mereka memang sudah merasa sangat mengantuk. Namun, ada juga yang baru bisa tidur pukul 12:00 malam atau bahkan 1:00 hingga 3:00 dini hari.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation (NSF) bersama 18 ilmuwan medis dan beberapa peneliti, mereka melakukan 300 penelitian tentang tidur. Pada penelitian tersebut, mereka mencoba mencari waktu tidur yang tepat berdasarkan usia. Hingga akhirnya, NSF beserta ilmuwan dan peneliti merekomendasikan tidur yang tepat sesuai dengan usia. Oya, berita tentang peneletian ini bisa kamu baca juga di CNN Indonesia.

- Bayi yang baru lahir (0 - 3 bulan), waktu tidur yaitu 14 - 17 jam per hari
- Bayi (4 - 11 bulan) waktu tidur yaitu 12 - 15 jam per hari
- Anak pra-sekolah (3 - 5 tahun) waktu tidur yaitu 10 - 13 jam per hari
- Anak sekolah (6 - 13 tahun) waktu tidur yaitu 9 - 11 jam perhari
- Remaja (14 - 17 tahun) waktu tidur yaitu 8 - 10 jam per hari
- Orang dewasa muda (18 - 25 tahun) waktu tidur yaitu 7 - 9 jam per hari
- Dewasa (26 - 64 tahun) 7 - 9 jam per hari
- Orang dewasa yang lebih tua (di atas 65 tahun) waktu tidur yaitu 7 - 8 jam per hari

Karena beberapa orang memiliki sebuah gejala sulit untuk tidur cepat atau biasa disebut insomnia, sehingga beberapa orang tidak dapat tidur sesuai yang sudah dianjurkan. Insomnia sendiri terjadi karena ada suatu penyebab seperti kelainan emosional, fisik dan pemakaian obat-obatan. Emosional di sini lebih mengarah mengenai kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan (ini menurut yang saya baca di Wikipedia).

Seseorang yang mengalami insomnia pasti merasa sangat tidak nyaman dengan keadaan tersebut. Apalagi kalau keesokan harinya mereka harus berangkat pagi untuk kerja, sekolah ataupun kegiatan lainnya. Pasti beberapa orang saat insomnia, berusaha untuk memejamkan mata sampai nanti mereka tertidur. Di sini saya tidak akan memberikan tips untuk menghilangkan insomnia. Artikel ini lebih mengarah kepada hal-hal yang bias kamu lakukan saat mengalami insomnia. Simak penjalasanya berikut ini.
Pasti banyak aktivitas yang membuat kamu merasa sangat sibuk, sehingga mengalihkan kamu untuk menyelesaikan tugas-tugas kan? Entah itu tugas dari sekolah ataupun kampus. Nah dari pada menonton acara tv, lebih baik kamu menyelesaikan tugas yang belum selesai tersebut. Karena biasanya, saat seseorang sedang belajar, rasa ngantuk akan mudah datang. Tidak tau pasti kenapa alasannya, tapi memang hal tersebut terjadi di kebanyakan orang termasuk saya.
Apakah kamu pernah mengatur kegiatan-kegitan yang akan kamu jalani nantinya? Atau Apakah kamu pernah berpikir ingin jadi apa nantinya?

Saat insomnia, kamu bisa mencoba memikirkan hal-hal tersebut dan membuat listnya di catatan kamu. Agar kehidupan kamu lebih teratur dan kamu tau dengan jelas ingin kemana dan jadi apa kamu nantinya. Sehingga kamu punya acuan atau pedoman. Namun jangan jadi sebuah list atau rencana saja ya, tapi harus kamu jalani agar menjadi sebuah kenyataan.
Kalau kamu sudah berusaha keras untuk tidur dan tidak bias tidur juga. Segera bangun dan setel koleksi film-film yang kamu punya. Namun jangan sembarang film yang kamu tonton, apalagi film... (maaf disensor). Pilih lah film yang memaksa otak kamu untuk berpikir atau kamu juga bisa menonton film yang bergenre inspirasi. Karena dengan menonton film-film dengan genre inspirasi, atau film-film yang memaksa kamu untuk berpikir lebih, dapat membuat pola pikir menjadi lebih baik, dibandingkan kamu menonton film yang.... (maaf disensor) :D
Kalau tidak mau menonton film, kamu juga bisa mengisi waktu kamu saat terkena insomnia dengan membaca artikel-artikel yang bermafaat di internet. Jika tidak memiliki koneksi internet, kamu bisa baca buku pelajaran sekolah atau kuliahan yang nanti pagi akan dibahas. Jadi kamu menjadi lebih paham saat nanti akan dibahas oleh guru atau dosen di kelas. Kamu juga bisa membaca novel yang belum sempat kamu selesaikan.
Kamu juga bisa mengisi waktu kamu saat insomnia dengan bermain game nih. Namun pilihlah game yang memaksa kamu untuk lebih berpikir atau yang memaksa kamu untuk menambah kemampuan dalam dirimu. Seperti contohnya bermain game dengan genre teka-teki untuk mengasah otak atau game RPG yang mengasah kemampuan bahasa Inggris kamu. Tapi tidak harus game yang saya sebut juga sih. Apabila kamu punya game favorit, kamu bisa memainkan game tersebut.
Membersihkan kamar akan menjadi hal bermanfaat lainnya, untuk mengisi waktumu saat mengalami insomnia. Kamu bisa mulai menyingkirkan sesuatu yang tidak berguna atau merapikan sesuatu yang terlihat berantakan di kamarmu. Sehingga kamar tampak lebih baik dari sebelumnya. Apabila kamu sudah mulai lelah membersihkan dan merapikan kamar, mulai lah beranjak ke kasur dan istirahatkan dirimu.
Ini juga sangat penting. Apabila kamu memiliki sebuah Blog, ini merupakan salah satu hal bermanfaat yang bisa kamu lakukan saat insomnia. Kamu bisa memulainya dengan membuat artikel-artikel yang sesuai dengan tema Blog favoritmu. Kamu juga bisa melakukan BW untuk mendapatkan inspirasi atau referensi, agar kamu bisa membuat artikel. Namun ingat, jangan copas ya. Tapi hanya untuk referensi saja, agar imajinaai dan kreatifitas kamu semakin baik. Setidaknya dengan Nge-Blog saat mengalami insomnia, kamu sudah bisa membuat beberapa artikel untuk Blog yang kamu punya.
Itu dia, 7 hal bermanfaat yang kamu bisa lakukan saat insomnia. 7 hal tersebut hanya tips dan saran dari saya. Kalau kamu punya tips sendiri yang biasa dilakukan, itu tidak masalah. Tapi lakukan lah hal yang lebih produktif ya. Agar dirimu menjadi lebih baik dan kreatif dari sebelumnya. Kalau kamu punya saran lain, bisa tuliskan di kolom komentar di bawah. Okey, selalu berfikir positif dan jadi kreatif ya!!!

7 Hal Bermanfaat Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Insomnia

Post a Comment