Solusi dari Kendala Pendidikan Online Terhadap Kualitas Pembelajaran dan Harga yang Diberikan

Dilema rasanya ya, bila ingin memberikan pendapat atau opini akan suatu hal di era dimana industri 4.0 sudah hadir. Mengingat masa kejayaan generasi Milineal akan berakhir, dan digantikan oleh generasi Z dan kemudian hadir generasi Alfa.

Sehingga seiring dengan perkembangan zaman, pemikiran mereka pun ikut berkembang. Masyarakat mulai memiliki idealismenya masing-masing. Jadi kalau ada pendapat atau opini dan mereka kurang setuju, maka mereka akan berusaha mematahkan pendapat kita dengan pendapatnya.

Jadi mulai dari sini dan khusus kali ini, kita harus menyamakan presepsi dan sama-sama setuju terlebih dahulu. Bahwa pendidikan salah satu faktor penting untuk membangun suatu negara. Karena dengan pendidikan dapat menciptakan karakter masyarakat yang lebih dewasa. Sehingga mereka dapat mengambil keputusan yang tepat dan merencanakan dengan jelas arah masa depan. 

Tidak hanya itu saja, melalui pendidikan akan menciptakan masyarakat yang cerdas, terampil dan jauh dari kebodohan yang nantinya dapat membangun negara menjadi lebih baik. Kita bisa lihat negara-negara maju di benua Eropa dan Amerika, yang memiliki pendidikan yang berkualitas sehingga masyarakatnya dapat mendorong negaranya untuk maju.

Sebelumnya kita harus menggaris bawahi terlebih dahulu, bahwa pendidikan bukan hanya belajar dari sekolah saja. Karena pada dasarnya pendidikan itu mempelajari sesuatu yang dapat menambah pengetahuan dan keterampilan. Jadi dalam praktiknya kembali lagi kepada diri sendiri, apakah akan memilih untuk menambah pengetahuan dan keterampilan melalui orang lain (mentor atau guru), atau belajar secara otodidak.
Di jaman sekarang bisa dibilang kita bisa mendapatkan pendidikan dengan mudah. Pendidikan bisa kita dapatkan dengan cara klasik ataupun moderen. Mungkin cara klasik ini seperti datang ke sekolah, atau tempat pelatihan dan bertatap muka dengan pengajar.

Sedangkan cara moderen yaitu memanfaatkan kecanggihan teknologi di era digital. Di jaman sekarang, internet sudah berkembang sangat pesat. Kita bisa dengan mudah mengakses suatu hal yang ingin kita tahu melalui perangkat seluler, dan perangkat komputer yang kita miliki. Sehingga membuat kita dapat menghemat waktu yang digunakan untuk perjalanan kita datang ke tempat mentor atau guru.

Kita pun bisa menanyakan sesuatu ke mentor atau guru melalui internet. Karena sudah banyak aplikasi pengirim pesan yang dapat mengirimkan pertanyaan kita dalam hitungan detik saja. Jadi tidak perlu menulis surat kemudian menempel perangko, dan berharap pertanyaan kita di surat tersebut cepat sampai kepada mentor atau guru.

Karena perkembangan dunia digital sangat pesat, maka muncul konsep yaitu pendidikan online. Di sini kita bisa mendapatkan pengetahuan tanpa harus bingung dengan jarak dan waktu. Karena hanya dengan perangkat yang canggih dan memiliki akses internet, kita bisa belajar dimana saja dan kapan saja. Hal tersebut yang menjadi nilai positif terhadap konsep pendidikan online.

Bila dilihat perkembanganya, di era digital mulai banyak profesi baru yang muncul dan sangat menjanjikan. Sebenarnya sebagian profesi ini sudah ada sejak dulu. Namun profesi tersebut semakin ke sini semakin diminati. Beberapa contoh profesi baru yang muncul seperti admin media sosial, video editor, copywriter, selebgram dan progammer.

Mari kita ambil contoh dari salah satu profesi tersebut. Sebelum hadirnya internet, profesi sebagai progammer belum diminati. Namun ketika internet sudah mulai masuk ke Indonesia, profesi ini mulai dipertimbangkan, bahkan sangat menjanjikan di era digital saat ini.

Programmer sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan untuk membantu mereka membuat website sebagai identitas perusahaan, membuat microsite untuk promosi sebuah campaign, membuat sistem untuk mempermudah pekerjaan dalam input data dan masih banyak lagi.

Kebetulan saya bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing, dimana terdapat divisi IT yang menjalankan pekerjaan tersebut. Jadi saya sudah melihat betapa penting dan berpengaruhnya profesi sebagai IT di era digital.

Sudut Pandang

"Tapi apa yang membuat seseorang harus menjalani pendidikan online?"

Memang tidak bisa dipungkiri, semua hal pasti memiliki dua sisi yaitu baik dan buruk. Dalam kasus ini, pendidikan online juga memiliki dua hal tersebut. Mari kita bahas dari sudut pandang saya, dan itu artinya ini pendapat yang subjektif. Kalian boleh tidak setuju, tapi sebelum memberikan sebuah kritik, mohon dipahami baik-baik.
Pertama kita akan membahas dampak buruk dari pendidikan online. Melakukan aktivitas di dunia maya, mengharuskan kita untuk lebih lama dalam menggunakan perangkat seluler dan perangkat komputer. Hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan. Terutama kesehatan mata dan postur tubuh kita.

Sudah banyak artikel yang membahas akibat dari terlalu lama melihat dan duduk di depan komputer. Karena mata akan menjadi lebih tegang, dan tulang belakang pada tubuh bisa rapuh. Posisi duduk yang tidak benar, akan membuat tulang belakang menjadi tidak sehat. Maka perlu mengetahui bagaimana cara posisi duduk yang benar, agar belajar online kamu menjadi nyaman dan lebih maksimal.

Selain itu, kita sebagai orang yang belajar akan lebih terisolasi. Dimana budaya dulu menempatkan proses belajar mengajar merupakan sesuatu yang dilakukan bersama-sama. Sehingga kita bisa bertatap muka dengan pengajar dan teman-teman yang lain secara langsung. Kita juga bisa lebih bersosialisasi dan menjalin hubungan antar murid menjadi lebih erat.

Tapi dengan melakukan belajar online, kemungkinan hal itu terjadi sangat kecil. Karena bila ingin terjadi, kita harus membuat janji dengan mereka untuk bertemu di dunia nyata.
Okey sekarang kita langsung saja beralih ke dampak baiknya. Karena tidak baik terlalu lama membahas keburukan. Pendidikan online memiliki beberapa dampak baik, diantaranya yaitu kita bisa mendapatkan informasi yang sedang kita pelajari dengan mudah, cepat dan dimana saja.

Saat kita sedang tiduran, sedang di toilet, bahkan saat sedang kumpul bersama teman-teman. Kecanggihan internet menghilangkan kendala tersebut. Bahkan waktu juga sudah tidak menjadi kendala. Karena kita bisa dengan mudah mengaturnya, kapan kita harus mempelajari ilmu baru.

Karena dengan pendidikan online, baik pengajar maupun murid bisa merasakan proses belajar dan mengajar yang lebih fleksibel. Sehingga suasana lebih terasa menyenangkan, dan pelajaran lebih mudah untuk dipahami.

Kemudian sebagai seseorang yang haus akan ilmu. Kita sudah tidak bingung lagi kemana kita harus mencari ilmu baru yang ingin kita pelajari. Karena dengan internet semua menjadi lebih mudah dan efisien.

Kita juga tidak akan kekurangan informasi. Setelah belajar di sekolah atau tempat les, kita juga bisa mendapatkan asupan ilmu baru dari internet yang belum dipelajari di sekolah maupun tempat les.
Dari beberapa dampak buruk pendidikan online, bohong rasanya bila tidak ada kendala satu pun. Ada kendala yang harus diperhitungkan.

Pendidikan online berarti kita melakukan kegiatan belajar secara online melalu internet. Memang benar kita tidak akan kekurangan informasi, karena internet pasti menyediakan informasi yang kita mau. Namun masalahnya apakah informasi itu terpecaya atau tidak.

Selanjutnya, setelah kita menemukan informasi atau tempat belajar online yang tepat. Kita dibuat dilema, dengan status belajar yang mengharuskan seseorang untuk membayarnya.

Sepertinya akan jahat bila saya mengatakan belajar online dengan segala dampak baiknya seperti waktu yang efisien, tempat yang fleksibel dan pengajar yang berkualitas, didapat secara gratis. Bohong sekali bila saya mengatakan seperti itu.

Memang ada harga yang harus kita bayar. Namun dilemanya, dimana tempat belajar online yang berkualitas, terpercaya dan mempermudah untuk pembayarannya. Apalagi untuk kita yang ingin mendalami keahlian profesi baru yang cukup banyak diminati di era digital, yaitu salah satunya sebagai progammer.
Mungkin solusinya yaitu HACKTIV8. Ingat, seperti yang saya jelaskan sebelumnya.

"Sebelum hadirnya internet, profesi sebagai progammer belum diminati. Namun ketika internet sudah mulai masuk ke Indonesia, profesi ini mulai dipertimbangkan, bahkan sangat menjanjikan di era digital saat ini."

"Programmer sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan untuk membantu mereka membuat website sebagai identitas perusahaan, membuat microsite untuk promosi sebuah campaign, membuat sistem untuk mempermudah pekerjaan dalam input data dan masih banyak lagi."

Kenapa Harus HACKTIV8?

HACKTIV8
Di atas sudah saya jelaskan, bahwa pendidikan online sangat penting di era digital saat ini. Namun ada beberapa kendala yaitu apakah tempat kita mendapatkan pengetahuan baru tersebut dapat dipercaya dan berkualitas. Kendala berikutnya yaitu sistem berbayar yang diterapakan oleh tempat belajar online tersebut. Karena kita tidak mau dong sudah mengluarkan uang, dan hanya mendapatkan pengetahuan dan kemampuan biasa saja dan tidak bisa digunakan di dunia kerja.

Oleh sebab itu saya katakan HACKTIV8 adalah solusinya. HACKTIV8 adalah coding bootcamp pertama di Indonesia yang memberikan pelatihan progamming secara intensif yang mengubah seorang pemula menjadi progammer handal yang siap kerja hanya dalam waktu 12 minggu.

Mungkin kalian termasuk, bahkan teman saya pun salah satunya. Lulus SMK kemudian kuliah mengambil jurusan programming. Setelah itu memerlukan waktu yang lama untuk bisa menguasai ilmu pemograman hingga siap kerja. Kemudian dengan waktu yang lama tersebut, timbul lah perasaan jenuh dan bosan. Untuk meminimalisir hal tersebut, HACKTIV8 hadir dengan program pembalajaran yang lebih efisien.

Tidak perlu diragukan lagi, karena kredibilitas HACKTIV8 terpercaya. Karena mereka telah terdaftar ke dalam Council On Integrity in Results Reporting (CIRR). Nah CIRR merupakan standar yang dikembangkan lembaga independen yang melakukan audit lulusan, atau output dari banyak coding bootcamp di tingkat global yang menjunjung transparansi hasil belajar kepada publik.

Karena mereka percaya bahwa transparasi dalam memberikan hasil belajar kepada calon siswa adalah hal yang sangat vital. Lembaga yang terdaftar dalam CIRR wajib melaporkan hasil kelulusan mereka setiap enam bulan sekali dengan melampirkan data yang akurat dan dilengkapi dokumen pendukung. Tujuannya utnuk mencegah adanya tindak kecurangan dalam laporan kelulusan sebuah coding bootcamp. Nah HACKTIV8 terdaftar dalam konsep pembelajaran seperti itu. Jadi tidak asal belajar dan lulusannya terjamin kualitasnya.

Oya, HACKTIV8 merupakan coding bootcamp pertama dan satu-satunya di benua Asia yang tergabung dalam CIRR. Jadi sudah tidak diragukan lagi kredibilitas dari HACKTIV8. Bentar, kalian masih belum yakin?

Okey gini, berdasarkan laporan CIRR pada paruh pertama 2018, tercatat bahwa 92,8% alumni HACKTIV8 mendapatkan pekerjaan di perusahaan terkemuka Indonesia (internasitional, national dan/atau multinational companies). Para alumni tersebut mendapatkan gaji diantaranya yaitu Rp 10 juta hingga Rp 20 juta perbulan. Selain itu, mereka juga berhasil mendapat tawaran gaji bulanan sebesar Rp 20 juta hingga Rp 30 juta per bulan.

Jadi kalian gak perlu ragu lagi untuk daftar belajar online programmer di HACKTIV8. Karena dengan belajar di HACKTIV8, karir akan melesat. Hal ini dikarenakan HACKTIV8 sudah bekerjasama dengan lebih 200 perusahaan teknologi di seluruh Indonesia yang siap merekrut kamu.

Netizen : "Iya sih terjamin banget. Tapi gue gak ada duit buat belajar online kaya gitu"

Tenang aja, semua ada solusinya. Karena HACKTIV8 memiliki konsep berbeda dari tempat belajar online lainnya. HACKTIV8 memiliki program bernama Income Share Agreement. Income Share Agreement (ISA), berguna untuk kamu mengikuti program Full Stack Javacript di HACKTIV8 tanpa perlu membayar biaya apapun sebelumnya.

Netizen : "Jadi gratis, gak bayar?"

Bukan gitu juga. Jadi dengan program ISA, kalian akan membayar setelah bekerja dengan sebagian kecil pendapatan yang kalian dapatkan selama 24 bulan. Apa tujuan HACKTIV8 mengadakan program ini?

Karena HACKTIV8 berkomitmen untuk menyediakan pendidikan yang dapat diakses oleh semua orang, baik yang memiliki latar belakang di bidang IT maupun non-IT serta memiliki minat yang kuat di bidang programming.

Untuk program Income Share Agreement hanya berlaku untuk kelas Full Stack Javascript Immersive HACKTIV8. Melalui program ini akan memudahkan kalian untuk mengikuti program bootcamp. Banyak loh keuntungan yang didaptkan. Kalian bisa liat pada gambar berikut.
Kalau kamu tertarik mengikuti program Income Share Agreement, bisa langsung daftar di sini ISA HACKTIV8. Kalau kalain mau tau ada program pembelajaran apa ajad di HACKTIV8, bisa langsung ke Program Belajar HACKTIV8.
Untuk kendala-kendala pendidikan online bisa diatasi oleh HACKTIV8 dari segi kualitas pembelajaran dan sistem pembayaran. Jadi buat kalian yang ingin meningkatkan kemampuan programming dan bingung mau belajar dimana, HACKTIV8 jawabannya. Selain berkualitas, HACKTIV8 juga mempermudah kalian yang ingin belajar progamming tapi bingung bayarnya.

Tidak perlu ragu lagi, pilih HACKTIV8 sebagai tempat kamu belajar online di bidang IT atau programming. Karena kita juga harus menyiapkan bekal ilmu dan kemampuan untuk menyambut revolusi industri 5.0 selanjutnya. Kita harus bisa menjadi bonus demografi yang bisa meningkatkan dan memajukan negara kita tercinta yaitu Indonesia.

Semangat dan jangan mudah menyerah untuk terus belajar hal baru ya.
Solusi dari Kendala Pendidikan Online Terhadap Kualitas Pembelajaran dan Harga yang Diberikan

Post a Comment