Senin, 11 April 2022

Apakah Internet Memiliki Dampak Luar Biasa Baik, atau Bahaya?

Apakah Internet Memiliki Dampak Luar Biasa Baik, atau Bahaya?

 

IndiHome

"Menurut kamu, internet lebih banyak kasih dampak positif atau malah bahaya sih dek?" tanyaku kepada sang istri.


"Tergantung sih mas. Karena emang bisa kasih hal positif, tapi ada juga yang gak," jawabnya singkat.


Pertanyaan tersebut, kerap membuatku dilema dan masih mengawang mengenai jawaban pastinya. Hal ini mengingat, pada kenyataannya internet memang kadang berbahaya, tetapi satu sisi memberikan manfaat yang luar biasa.


Harus ku akui, memang itu semua tergantung bagaimana kita bijak dalam memanfaatkannya. Kendati demikian, tak bisa dipungkiri, selalu ada saja celah untuk memasukkan konten buruk ke dalamnya.


Akhir-akhir ini, konteks tersebut menjadi fokus kami berdua. Mengingat istriku dalam hitungan hari, akan segera melahirkan.


Sebagai calon ayah, setidaknya aku harus membekali diri dengan ilmu dan menyiapkan mental. Agar bisa membina anakku nanti dengan baik.


Oleh sebab itu, beberapa hari ini, diriku sering memikirkan tentang parenting yang sesuai dengan perkembangan era digital.


Lantas apa yang sebaiknya aku lakukan? Bagaimana cara kami berdua, bisa memberikan pengertian kepada si kecil nantinya, terkait internet maupun gadget. Supaya tidak berlebih dan menjelaskan bahwa jangan semua informasi diterima begitu saja.


Di sini aku bukan pakar, ahli atau seorang spesialis yang berkecimpung di bidang parenting. Bersama dengan istri, kami berdua sama-sama masih belajar.


Jadi apa yang kubagikan kali ini, hasil jerih payah menumpang tindihkan beragam informasi, dan meramunya secara singkat menjadi satu. Semoga sebagai orang tua, kita nantinya bisa lebih bijak menyikapi perkembangan internet dan gadget ke depannya.


Lalu apakah internet itu bahaya atau sangat berdampak luar biasa? Mari kita bahas secara singkat.


Internet


Ketika seorang anak lahir ke dunia, mereka layaknya lembaran kertas putih kosong, yang belum diberikan noda tinta atau ukiran lainnya. Mungkin terlihat mudah membawa mereka ke arah yang baik.


Kenyataannya tidak seperti itu. Aku sempat melihat orang-orang yang kukenal, cukup berupaya keras, untuk membuat anak menjadi pribadi lebih mengerti dan memahami.


Mulai dari kecanduan bermain gadget. Lebih asik dengan dunianya sendiri ketika menonton youtube atau menemukan hal lain sebagainya.


Kalau kujelaskan seperti itu, mungkin kalian akan berpikir, bahwa internet hanya membawa petaka saat mengasuh anak. Tetapi jika sudut pandangnya diperluas, maka ada juga beragam hal positif di dalamnya.


Dampak Buruk Internet (Opini)


1. Banyak Informasi Hoaks dan Ngawur


Jika menyelam lebih dalam ke dunia online ini, pastinya kalian akan mendapatkan banyak informasi menarik. Beberapa di antaranya bermanfaat, tetapi belum tentu itu menjadi berita yang valid.


Ingat, orang-orang di seluruh dunia, dapat mengakses selagi memiliki koneksi internet. Lalu dengan mudah, menyuguhkan berbagai macam kabar, dan membagikan di media sosial atau platform online lain.


Jadi tidak hanya berita baik, tetapi juga buruk. Kendati begitu, entah itu baik atau buruk, kemungkinan besar menjadi informasi hoaks. Sehingga perlu dipastikan kembali keabsahannya.


2. Pelecehan dan Bullying


Perkembangan teknologi khususnya internet, memacu banyak pengembang untuk meluncurkan aplikasi sosial berbasis online. Tujuannya tidak lain, yakni membuat orang-orang di seluruh dunia dapat terhubung meskipun jarak memisahkan.


Hanya saja semakin populer suatu aplikasi, bukannya dipergunakan dengan bijak, malah sebaliknya. Ditambah mudahnya memalsukan identitas diri dan digunakan dengan tidak semestinya.


Banyak dari mereka mencemooh atau melontarkan perkataan tidak baik, melecehkan secara digital dan melakukan bullying terhadap pihak tertentu. Mereka beraksi dibalik akun sinonim dan tidak memperdulikan perasaan hati orang yang menerima Cyber Bullying.


3. Video dan Gambar Kekerasan


Selain informasi hoaks, banyak juga bertebaran konten yang cukup meresahkan. Ada saja video atau gambar mengindikasikan kekerasan di dalamnya.


Ini menjadi buruk, karena takut mempengaruhi karakter si penonton. Mereka bisa saja mencontoh, tanpa memfilter terlebih dahulu.


Oleh sebab itu, sangat penting peran orang tua mendampingi si kecil. Karena mereka perlu diberitahu dan diarahkan.


4. Penipuan


Tidak hanya teknologi yang berkembang. Para penggunanya pun juga ikut beradaptasi dengan kecanggihan yang ditawarkan.


Bagi sebagian orang, itu dimanfaatkan dengan baik. Namun ternyata ada saja, dimana sebagian orang memberdayakannya pada hal yang buruk dan lebih memilih jalan menipu. Karena banyak celah dan alternatif, bagi para pelaku dalam beraksi.


Dampak Positif (Opini)


1. Mudah Mendapatkan Informasi


Dampak buruknya memang banyak berkeliaran informasi tidak baik. Ada saja berita bohong dan berlebihan. Tetapi di sisi lain, dampak positifnya kita menjadi semakin mudah mencari kabar.


Contohnya ketika ingin mengetahui perkembangan suatu negara. Kalian tidak perlu repot-repot beli tiket pesawat, memesan hotel dan melihat langsung di tempat.


Butuh waktu, uang dan tenaga. Sedangkan melalui internet, dari jarak ribuan kilometer, sudah bisa memperoleh berita dari berbagai penjuru dunia dengan mudah.


2. Komunikasi Tanpa Batas


Dahulu, orang-orang berusaha keras, membuat surat dan menggunakan jasa kantor pos, untuk mengirim pesan ke sanak keluarga yang tinggalnya cukup jauh. Namun sekarang, hanya perlu mengunduh aplikasi chat online, komunikasi menjadi tanpa batas.


Bisa mengirim pesan teks dengan cepat. Sekedar melakukan panggilan telepon atau bahkan video call untuk bertatap muka secara virtual.


3. Berkarya dan Belajar Lebih Mudah


Mengapa berkarya jadi lebih mudah? Karena di era digital, orang-orang bisa menyalurkan kreativitas dan bakatnya melalui platform online, seperti media sosial.


Membuat film pendek, video hiburan atau mencari referensi untuk membuat karya lainnya. Selain itu, memudahkan proses belajar dan mengajar.


Seperti yang diketahui, bahwa pandemi Covid-19 masih membayang-bayangi penduduk di seluruh dunia. Jadi belajar dan mengajar online, jadi solusi paling tepat. 


4. Akses Mencari Hiburan Tidak Sulit


Lalu bagaimana dengan menikmati hiburan? Sangat mudah, karena banyak konten kreator membagikan materi lucu mereka di Instagram, Facebook, Twitter atau Youtube.


Dengan internet, kalian bisa mengakses semuanya dengan mudah. Cukup memiliki kuota dan sudah bisa menikmati hiburan secara online.


Pola Asuh yang Akan Aku Lakukan


Dari rentetan dampak negatif dan positif yang sudah kujabarkan, aku memutuskan untuk tetap mengenalkan internet kepada si kecil nantinya. Dengan catatan, tetap mengawasi dan membimbing agar mengetahui mana yang baik dan tidak.


Jujur, berbicara memang lebih mudah dibandingkan melakukannya dalam aksi nyata. Sebagai calon ayah dan ibu yang hidup di era digital, kami akan mencoba lebih terbuka dalam pikiran, supaya sang buah hati tidak tertinggal dari segi teknologi.


Pertama-tama, ketika sudah saatnya tiba, aku akan mengizikannya bermain gadget dan mengakses internet. Tetapi dengan catatan, memberikan jadwal rutin dan mengenalkan sebuah proses.


Jadwal bermain bisa diatur ketika sore menjelang malam hari. Jadi pagi hari dipergunakan untuk belajar dan menonton TV. Kemudian siang hari upayakan agar ia mau tidur siang.


Jika tidur siang sulit dilakukan, maka penting untuk menemaninya bermain. Mungkin bisa memberikan ide aktivitas yang menyenangkan, di mana dapat dilakukan bersama. Bisa menyanyi, bermain petak umpet atau menggambar.


Kemudian jika dia tidak meminta gadget dan mengakses internet, maka tidak perlu dikasih atau diingatkan. Kecuali jika ia memaksa.


Kasih pengertian secara lembut agar ia mau mengerti. Bila pilihannya jatuh kepada Youtube, ada baiknya setting menjadi Youtube Kids. Agar pilihan video yang hadir sesuai dengan usianya.


Jika ia lebih memilih mengakses internet untuk bermain game online. Maka perlu diarahkan kepada permainan mengasah pikirannya. Banyak kok judul-judul seperti itu Google Play Store maupun App Store.


Sedangkan mengenal proses maksudnya, memberikan syarat kepadanya ketika ia minta mengakses internet dan gadget. Contohnya seperti ketika dirinya harus belajar dahulu, harus bersih-bersih terlebih dahulu, makan atau hal lainnya.


Agar si kecil belajar, untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan, ada proses yang harus dilalui. Aku sendiri belum berani memberikan banyak tips atau saran. Karena setiap orang tua memiliki caranya masing-masing.


Mungkin langkah-langkah tersebut baik dilakukan menurutku. Tetapi belum tentu bagi kalian. Jadi semoga saran di atas bisa menjadi acuan dan alternatif.


Internet Menyatukan Indonesia


Terlepas dari dampak negatif, ada baiknya kita tidak melupakan hal positifnya. Jadi kita bisa menyaring yang buruk dan lebih memanfaatkan kebaikannya.


Melalui kebebasan mengakses internet, orang-orang bisa saling terhubung. Tidak hanya di Indonesia tetapi juga seluruh dunia.


Dengan mudahnya, bisa mengirimkan informasi untuk membantu satu sama lain. Membuka donasi dari jarak jauh, tanpa harus ikut menyumbang secara tatap muka.


Ingat, dari salah satu contoh itu saja, membuktikan bahwa internet menyatukan Indonesia. Karena dari Sabang sampai Merauke, bisa terkoneksi dari jarak ribuan kilometer.


Mendekatkan yang jauh, mempererat yang dekat. Memudahkan menyajikan informasi dan berkomunikasi tanpa batas. Bukanya itu cukup untuk menyebut internet menyatukan Indonesia?


Namun perlu diingat, semuanya bisa terelasiasikan, bila masyarakat memiliki internet stabil. Karena jika kecepatannya lambat atau sering terjadi masalah, maka malah akan mempersulit komunikasi jarak jauh tersebut.


Lantas apa yang sebaiknya dilakukan?


Jawabannya dengan menggunakan provider yang tepat. Di mana mereka bisa menjangkau seluruh Indonesia dan memiliki koneksi Internet stabil.


Aku sendiri merekomendasikan IndiHome dalam hal ini. Selain kualitasnya yang sudah tidak perlu diragukan lagi, mereka kerap menawarkan produk-produk terbarunya dengan harga terjangkau alias promo.


Setidaknya ada tiga jenis yang akan aku berikan daftarnya. Jadi sisanya, bisa kalian tentukan sendiri ingin memilih yang mana. Pastinya ini murah dan kualitas jaringannya yang oke banget.


  • Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)
  • Paket Bebas Tanpa Batas
  • Promo Paket IndiHome


Perlu ditekankan sekali lagi, bahwa seluruh pemaparan dariku ini, jangan diterima mentah-mentah. Ada baiknya divalidasi lagi atau gabungkan dengan informasi lain yang kalian dapatkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search