Minggu, 17 Juli 2022

Manfaat Internet Hingga Bikin Esports Berkembang di Indonesia

Manfaat Internet Hingga Bikin Esports Berkembang di Indonesia

IndiHome Internetnya Indonesia


Saat itu tidak seperti biasanya, karena hujan turun sangat deras. Jatuhnya ribuan air dari langit, menghantam atap tempat di mana orang-orang sedang berteduh.


Dentumannya cukup bising, hingga dapat menyaingi suara laju motor dan mobil di jalan raya. Terpaan angin pun mampu membuat orang-orang nyaman berdiam diri, dan akhirnya saling berbincang demi menghapus rasa bosan karena harus menunggu.


"Sepertinya sudah mulai musim hujan," ucapku sambil meratapi tetesan air yang jatuh membasahi jalan raya, saat aku ingin menuju tempat parkir sepulang kerja.


Ketika tengah berteduh dan orang-orang berbicara satu sama lain, aku terpaksa mengambil smartphone kebanggaan yang berada di dalam tas. Kemudian ibu jari ini mengarah kepada salah satu game mobile yang sedang populer, dan kemudian aku terhanyut memaikannya.


Di tengah asyiknya menikmati permainan, pikiran liar tiba-tiba muncul. Hal ini memang kerap terjadi, momen ketika aku sering memikirkan hal-hal yang menurutku menarik dalam keadaan sendiri.


"Tapi iya juga ya, kenapa sekarang industri game jadi populer banget, terlebih khusus esports. Apa yang mempengaruhinya ya? Internet? Gameplay? Atau ada hal lain? Hmm menarik," gumamku sembari sesekali mengeluarkan skill dari hero yang kugunakan.


Oh iya, aku lupa memperkenalkan diri. Aku panji, tokoh utama di cerita ini. Mulai dari sini, sepertinya kalian harus sedikit bersabar, dan mari secara perlahan menguak misteri, mengapa game khususnya esports bisa berkembang sangat pesat, hanya dalam beberapa tahun.


Bagian 1: Inovasi Merubah Segalanya

IndiHome Internetnya Indonesia


Sebelum memiliki keinginan membangun tim esports sendiri, aku ingat betul bagaimana perjalanan ekosistem ini, hingga bisa menciptakan singgasananya sendiri di Indonesia. Kehadirannya mampu mengalahkan kepopuleran konsol dan PC.


Tepat pada tahun 2016, saat pertama kali game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) naik daun di perangkat seluler, karismanya bisa langsung menarik minat gamer di Tanah Air. Secara perlahan namun pasti, orang-orang berbondong-bondong mulai bergeser untuk menjajal keseruan bermain game mobile.


Inovasi yang dilakukan pengembang, sukses melahirkan kebebasan bermain game. Kini gamer bisa melakukannya di mana dan kapan saja, tanpa harus menghidupkan PC, laptop, maupun konsol.


Hanya butuh satu buah smartphone dan koneksi internet, gamer sudah bisa memainkan beragam game di Google Play Store dan App Store. Kemudian, mulai menikmatinya sendiri atau secara online bersama teman-teman.


Kendati demikian, apakah hanya sekedar menghadirkannya ke ponsel, sudah bisa meningkatkan kepopuleran esports dan membangun komunitas yang begitu besar? Kalau dibilang sebagai salah satu alasannya, mungkin iya, tetapi tidak secara keseluruhan.


Hal ini mengingat, masih ada faktor lain yang menunjang eksistensi dari game mobile dan esports. Lantas, apakah itu?


Bagian 2: Rasa Penasaran dan Peluang Mengetahuinya

IndiHome Internetnya Indonesia


Rasa penasaranku mengenai tenarnya dunia game sendiri, sudah bergejolak sejak masih menjadi salah satu karyawan di perusahaan digital, sebagai social media officer, di bilangan Jakarta Selatan.


Kalau  aku tidak salah ingat, tahun 2018 saat pertama kali esports akhirnya mulai semakin dikenal dan bahkan hadir di Asian Games.


Seumur hidupku, ini pertama kalinya dalam sejarah, esports dipertandingkan di ajang bergengsi se-Asia.


Meskipun saat itu hanya sebatas eksibisi saja. Kendati demikian, ini menjadi awal mula kesadaran pemerintah, terhadap besarnya minat orang-orang di seluruh dunia terhadap game-game esports.


Terbukti dengan kembali hadir di PON XX Papua 2021 dan SEA Games 2021. Lalu, juga akan menyambangi Asian Games 2023, bukan lagi sebagai eksibisi, tetapi cabor yang dapat menyumbangkan medali.


Kemudian rasa penasaranku semakin kuat, saat aku memutuskan hengkang dari profesi sebagai social media officer dan pindah ke tempat baru, sebagai seorang pembuat berita di salah satu media online ternama.


Peluang untuk memperoleh jawaban dari rasa penasaran tersebut semakin dekat, mengingat aku ditempatkan pada kanal yang memang membahas soal game. Hari demi hari kulalui, hingga akhirnya bertemu dengan orang-orang penting di bidangnya.


Aku mulai berkenalan dengan Public Relations Manager dari masing-masing pengembang dan penerbit, seperti Garena Indonesia, Tencent, Moonton dan masih banyak lagi.


Menjalin komunikasi dengan mereka, membuatku lebih dekat dengan ekosistem esports.


Seperti yang kita tahu, Garena kental akan game Free Fire, Tencent dengan PUBG Mobile dan Moonton melalui Mobile Legends. Ketiganya menjadi game mobile paling populer di Indonesia, dengan banyak pemain aktif di dalamnya.


Bahkan komunitas mereka sangat besar, dan memiliki pengaruh luar biasa dalam kemajuan esports di Indonesia.


Dari sini, aku mengetahui bahwa komunitas yang besar, sehat, dan loyal menjadi salah satu kunci dari berkembangnya baik tim, pemain, hingga game itu sendiri.


Terlebih lagi peran dari pengembang, dalam menyokong terciptanya lingkungan gaming yang sehat.


Aku pun mulai mengerti, mengapa banyak pengembang akhirnya menghadirkan sebuah kompetisi, menjalin kolaborasi dengan brand besar, menyajikan konten-konten menarik yang berhubungan dengan game tersebut, menggaet beberapa tokoh kondang, dan masih banyak lagi.


Tujuannya tidak lain, karena ingin memberikan pengalaman bermain game yang menarik dan menyenangkan kepada pemainnya, baik di dalam maupun di luar permainan.


Strategi yang dilakukan bisa dikatakan sukses besar, untuk membuat penikmatnya tetap betah dan ikut berkontribusi dalam mendukung game tersebut berkembang pesat.


Sebagai orang yang sudah ikut berkecimpung di ekosistem ini, meskipun ya hanya sebatas pembuat beritanya saja, tetapi cukup menyadarkanku bahwa ada hal penting lain yang membuat esports berkembang.


Beragam upaya yang dilakukan pengembang di atas, akan menjadi sia-sia bila tidak ada dukungan darinya.


Ada dua, pertama smartphone dan kedua paling penting lagi, yaitu internet. Bagaimanapun, jika smartphone tidak menyambangi setiap insan di seluruh dunia, maka pengembang juga pastinya kesulitan melakukan sebuah inovasi.


Tetapi kemunculan smartphone juga tidak akan sanggup mendongkrak esports, bila internet tidak ada. Pada dasarnya, Internet memang memberikan manfaat yang luar bisa untuk perkembangan teknologi.


Bagian 3: Internet Sangat Berperan Penting

IndiHome Internetnya Indonesia


Sepertinya tidak masalah jika aku menyebut diriku sendiri seorang gamer. Kegiatan ini sudah aku tekuni sejak masih kecil. Puncaknya ketika lulus sekolah. Kalau begitu mari kita berwisata ke masa lalu.


Aku sudah merasakan keseruan dari game konsol milik PlayStation, atau PC gaming hasil rakitan sendiri. Nah Dota 2, menjadi pemicu terbesar, sehingga aku menyukai game online sejak tahun 2014.


Agar lebih mendalaminya, aku bahkan menonton kompetisi terbesarnya, The International secara online, dan memilih tim esports Dota 2 sebagai idola.


Di mana ketika itu hatiku pun jatuh kepada NAVI, momen Dendi masih menjadi pro player yang mengisi posisi midlaner, sebelum akhirnya keluar dan bergabung dengan B8 Esports.


Setiap malam sepulang kerja, aku berkutat dengan game MOBA PC ini, dalam upaya meningkatkan poin status yang tinggi. Jujur itu sangat sulit dilakukan, selain lawan-lawanku sangat handal, koneksi internet yang kumiliki sungguh bobrok.


Yaps, koneksi internet menjadi senjata paling penting ketika bermain game online. Khususnya game yang kompetitif seperti Dota 2.


Kalau sudah mengalami lag, aku selalu kesal, karena tidak bisa memberikan performa terbaik dan mengakibatkan tim kalah.


Aku pun masuk ke fase lelah, karena harus duduk berjam-jam di depan PC bermain Dota 2.


Saat itu aku sempat berharap, agar game ini melebarkan sayapnya ke mobile. Tetapi sampai sekarang dirinya masih betah di PC.


Setelah lebih dari satu tahun memutuskan berhenti bermain Dota 2, akhirnya aku bertemu dengan Mobile Legends, permainan yang memiliki konsep serupa layaknya Dota 2 dan League of Legends. Menariknya, sebagai pengembang, Moonton menawarkannya di perangkat seluler.


Tanpa pikir panjang, aku langsung mengunduhnya. Berharap kemunculannya ini bisa mengobati kerinduan terhadap game online besutan Valve.


Dan sekali lagi, kendala terbesarku datang dari koneksi internet. Meskipun tidak sering, hanya saja beberapa kali ping yang kudapat berwarna merah.


Gamer pasti tahu, ping merah menjadi sesuatu yang sangat tidak diinginkan. Hal ini mengingat, pengalaman bermain jadi tidak asyik, dan lag pun tidak bisa dihindari.


Bagian 4: Akhirnya Bisa Nyaman Main Game

IndiHome Internetnya Indonesia


Kenyamanan bermain game online bisa dirasakan, jika koneksi internet cepat dan stabil. Tetapi saat masih lajang, aku kerap menderita karena internet yang kugunakan tidak baik-baik saja.


Singkat cerita, aku menikah pada bulan Juli 2021. Setelah itu, aku memutuskan hijrah dari Jakarta tempat lahirku dan menetap di Bekasi.


Karena sudah memiliki seorang istri, aku pun berniat untuk tinggal bersama mertua. Alih-alih agar istriku dekat dengan orang tuanya, alasan sebenarnya yaitu karena belum ada cukup dana untuk membeli rumah. 


Nah, di sini lah aku bisa bermain game online tanpa hambatan. Bukan karena mertua mengizinkan bermain sepanjang hari, atau tidak ada orang lain yang menggangguku ketika bermain.


Maksudku di sini ialah aku tidak lagi harus merasakan koneksi internet yang buruk. Pasalnya, wifi yang dipasang mertuaku cukup cepat.


Selain suara victory di akhir pertandingan, poin kill yang banyak, atau memiliki beragam skin keren dari setiap hero, kelancaran internet juga menjadi sesuatu yang patut dibanggakan.


Aku bisa merasakan hal tersebut, di rumah mertua yang berlangganan IndiHome sebagai internetnya Indonesia. Telkom Indonesia, seakan mengetahui betul apa yang dibutuhkan oleh gamer online di Tanah Air.


Oh iya, aku lupa memberitahu bahwa game yang kumainkan ketika menunggu hujan reda di tempat kerja pada awal cerita, yaitu Mobile Legends.


Bagian 5: Internet Dukung Esports di Indonesia

IndiHome Internetnya Indonesia


Manfaat internet sendiri sungguh luar biasa dan bisa dirasakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Khususnya dalam pengembangan ekosistem esports.


Kebanyakan game esports yang dipertandingkan, membutuhkan koneksi internet, mengingat konsep yang dibawa yaitu multiplayer online.


Beberapa game seperti Mobile Legends, PUBG Mobile atau Free Fire, sangat mengandalkan internet agar bisa dinikmati oleh penggemarnya.


Dari sini, pemain bisa berlatih meningkatkan kemampuan dan pengetahuan terkait game esports yang dimainkan.


Karena bila sudah handal, kemungkinan untuk menjadi pro player terbuka lebar. Pastinya banyak tim yang ingin memboyong para gamer tersebut, menjadi salah satu pemain mereka untuk tampil di kompetisi nasional.


Sebut saja, ada turnamen Mobile Legends Professional League, PUBG Mobile Pro League, dan Free Fire Master League.


Peran internet di sini, mampu membawa ketiga ajang bergengsi tersebut diminati oleh khalayak ramai, mulai dari Youtube, TikTok, atau platform streaming lainnya.


Sedikit informasi, dikutip dari Kompas.com melalui Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII),  pengguna internet di Indonesia mencapai 210 juta jiwa pada awal 2022. Di mana mayoritas mengaksesnya lewat ponsel.


Sedangkan Indonesia sendiri bisa dikatakan sebagai pendorong utama industri esports di Asia Tenggara. Dari total 274,5 juta gamer di Asia Tenggara, negeri tercinta ini berkontribusi sekitar 43% dari total pada tahun 2021.


Ditambah, Indonesia juga menyumbang pendapatan terbesar senilai 2,08 miliar USD atau sekitar Rp30 triliun.


Angka-angka itu tidak akan bisa tercapai, bila tidak adanya koneksi internet. Ingat ya, game esports kebanyakan menggunakan format online, di mana mempertemukan pemain dari berbagai negara dalam satu permainan.


Itu tidak dapat tercipta kalau kalian memainkannya secara offline. Jangankan saling berhadapan atau menjadi rekan satu tim, untuk masuk ke dalam game-nya saja tidak akan bisa jika tidak memiliki koneksi internet.


Kalian pasti ingat sebelumnya, kalau aku sekarang bekerja di salah satu media online Indonesia. Pertemuanku dengan mereka yang terjun langsung di Garena Indonesia, Moonton, PUBG Mobile, memudahkanku untuk bisa lebih memahami tentang ekosistem ini.


Seru rasanya bisa langsung terlibat, menggarap informasi terbaru terkait game esports tersebut dan membagikannya kepada orang-orang. Namun kembali lagi, manfaat internet di sini sangat penting.


Segala strategi yang diluncurkan pengembang dan penerbit, tidak akan bepengaruh jika pemainnya sendiri tidak memiliki akses internet.


Maka sangat diperlukan ketersediaan internet yang cepat, stabil dan menjangkau orang-orang di penjuru Indonesia. Untuk menunjang kegemaran dan impian anak-anak muda di Tanah Air berkontribusi di eksosistem esports.


Bab 6: Kehadiran IndiHome Internetnya Indonesia

IndiHome Internetnya Indonesia


Aku sungguh bersyukur dan berterima kasih kepada mertua. Bisa dipertemukan dengan IndiHome sebagai Internetnya Indonesia.


Seandainya aku tidak ikut tinggal bersama mereka, sepertinya aku tidak akan mengetahui betapa berkualitasnya provider ini.


Ping yang aku rasakan saat push rank Mobile Legends, sungguh rendah (hijau) berkisar antara 6 – 25ms saja. Berbeda dengan koneski sebelumnya yang fluktuatif, terkadang kuning bahkan merah.


Sempat bertanya kepada kakak ipar, ternyata mereka berlangganan produk IndiHome yang biasa, bukan Paket Gamer.


Jujur aku belum mengetahui bagaimana perbedaan keduanya dari segi kecepatan ya, tapi dengan logika sederhanaku, menggunakan yang versi biasa saja sudah secepat ini, bagaimana jika aku yang doyan main game menggunakan paket khusus gamer.


Pastinya akan lebih cepat lagi.


Untuk mengobati rasa penasaran, aku pun menyambangi situs resmi IndiHome di https://indihome.co.id/promo/paket-gamer, agar bisa mengetahui manfaat internet Paket Gamer.


Dari informasi yang disertakan, setidaknya IndiHome menyebutkan enam poin terkait benefit yang bisa dinikmati oleh gamer. Di mana mereka mengatakan pengguna bisa merasakan sensasi bermain game dengan jaringan internet lebih stabil.


6 Manfaat Internet Paket Gamer IndiHome


  • Exclusive Items: Bisa bertualang menggunakan item khusus yang tidak bisa didapatkan dari sumber lain.
  • High Speed Internet: Kecepatan internet yang tinggi dan unlimited siap menemanimu memulai petualangan.
  • Free Gifts: Mendapatkan berbagai macam hadiah menarik yang berbeda-beda untuk setiap game.
  • Free Gamepad: Memperoleh gamepad gratis.
  • Bebas Akses GameQoo: Nikmati akses ke lebih 140 game streaming canggih berlisensi dengan teknologi Cloud Gaming yang bisa dimainkan sepuasnya dan di mana saja.


Jika berlangganan Paket Gamer ini, banyak manfaat bisa diperoleh dari daftar game yang disajikan. IndiHome sendiri telah memberikan informasi terkait game online tersebut, mulai dari Free Fire, Mobile Legends, Ragnarok, PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, Arena of Valor, Genshin Impact dan masih banyak lagi.


Dengan mengklaim memberikan kecepatan internet yang tinggi, pengalaman bermain game online menjadi lebih menyenangkan. Karena tidak perlu takut terjadi lag di tengah-tengah pertandingan.


Ini menjadi sebuah terobosan yang amat baik, dan berguna bagi seluruh gamer di Indonesia. Mereka lebih mudah untuk berlatih game esports, tanpa harus khawatir koneksi akan terganggu.


Bab 7: Bukti Nyata IndiHome Dukung Esports di Indonesia

IndiHome Internetnya Indonesia
(Foto: Screenshot di https://indihome.co.id/leadnationalseries)


Hal yang membuatku semakin jatuh cinta dengan IndiHome ialah mereka tidak hanya berteori, tapi juga memberikan bukti nyata. Selain menyuguhkan layanan internet khusus gamer, juga menggelar sebuah kompetisi esports.


IndiHome sebagai internetnya Indonesia, saat ini tengah membuka pendaftaran ajang bergengsi bertajuk LEAD National Series.


Di mana memberikan kesempatan bagi para pemain Free Fire di seluruh Indonesia, untuk unjuk kemampuan menjadi yang terbaik.


Diinisiasi LEAD by IndiHome, agar membuatnya lebih seru, mereka sudah menyiapkan total hadiah hingga Rp 100 juta.


Pendaftarannya sendiri sudah dibukan sejak tanggal 28 Juni lalu. Namun tidak perlu khawatir, karena masih ada kesempatan untuk berpartisipasi sampai tanggal 21 Juli mendatang.


Mereka memberikan kesempatan kepada penikmat game battle royale besutan Garena, mulai dari Sumatra, Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jatim, Bali, Nusra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.


Ini menjadi sebuah komitmen IndiHome untuk memajukan esports di Indonesia. Selain memberikan pasokan internet hingga ke penjuru Tanah Air, juga turut mengembang kemampuan para calon pro player lokal ke depannya.


Bagi kalian yang ingin daftar, bisa kunjungi tautan berikut: Daftar LEAD National Series.


Bab 8: Manfaat Internet yang Luar Biasa

IndiHome Internetnya Indonesia


Kembali lagi kepada data yang dipaparkan oleh APJII, Indonesia memiliki 210 juta jiwa pengguna internet pada awal 2022. Sedangkan sekarang sudah jalan di bulan ketujuh, pastinya angka tersebut sekarang lebih banyak lagi.


Di tengah manfaat internet yang luar biasa, ada tantangan besar menyelimuti. Pertanyaannya, bagaimana orang-orang nantinya bisa memberdayakan internet secara bijak?


Segala akses di dunia ini sekarang sangat membutuhkan koneksi internet. Mengirim pesan di WhatsApp, mencari konten di Google, menonton video di Youtube, mengirim file melalui Google Drive, dan bermain game online.


Tanpa internet, semuanya tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu, perannya di era teknologi sangat vital.


Apalagi saat ini industri game terlebih khusus esports, sedang menikmati kedigdayaannya.


Namun tanpa internet yang cepat dan stabil, pengalaman gamer bermain game online besutan pengembang ternama sudah pasti tidak akan seru.


Hadirnya IndiHome sebagai internetnya Indonesia, mampu menjawab keresahan tersebut. Ditambah Paket Gamer yang diluncurkan, menjadi komitmen nyata mereka dalam memajukan industri esports.


Harapannya semoga aku bisa memiliki rumah sendiri, dan segera menikmati layanan Paket Gamer dari IndoHome.


Dan bisa cepat membentuk tim esports sendiri, agar bisa ikut andil dalam perkembangan esports di Indonesia.


Karena esports bukan hanya sekedar kompetisi, tetapi menjadi wadah terciptanya lapangan kerja baru.


Banyak para penggiat di dalamnya yang bisa memperoleh penghasilan lebih dari cukup melalui industri ini. Jadi rasanya, keputusan IndhiHome untuk memberikan layanan Paket Gamer, membuat pelatihan atlet esports melalui LEAD by IndiHome, dan mengadakan tunrmen merupakan pilihan yang tepat.


Karena mereka ikut andil dalam memberikan kesempatan bagi para pemain, untuk tampil dan memperoleh penghasilan.


Sekarang pilihan ada di tangan kita, apakah kita akan menjadi orang yang acuh dan meninggalkan kesempatan emas ini atau akan turut membantu mengembangkannya?


Mungkin penjelasan di atas sudah bisa menguak misteri, terkait apa saja hal-hal yang menyokong berkembangnya esports di Indonesia.


Dan sekali lagi, IndiHome memberikan manfaat tak terbatas sebagai internetnya Indonesia.


Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search